PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK TERHADAP KOMUNIKASI PARIWISATA DESA WISATA MANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA

Biyanda, Sinta Nandang Mukti Noor (2019) PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK TERHADAP KOMUNIKASI PARIWISATA DESA WISATA MANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan kawasan wisata Mangunan sejak dikembangkannya konsep kawasan
wisata “kaki langit” ditahun 2015 menjadi sorotan. Hal ini terus berkembang hingga
ditahun 2018. Perkembangan kawasan dan juga jumlah pengunjung inilah kemudian
menjadi masalah yang menarik untuk diteliti. Perkembangan inilah kemudian
merumuskan tujuan penelitian, yakni untuk mengetahui bagaimana persepsi
wisatawan terhadap komunikasi pariwisata dikawasan wisata Mangunan.
Menggunakan model Awareness Trial Reinforcement, dan kerangka pemikiran
persepsi, komunikasi pariwisata, desa wisata, Strategi DOT (Destination, Origin,
Time), Strategi BAS (Branding, Advertising, Selling), Strategi POSE (Paid Media,
Owned Media, Social Media, Endorser), dan Strategi POP (Pre Event, On Event, Post
Event) guna menjembatani dalam menganalisa masalah yang sedang diteliti. Jenis
penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan
wawancara mendalam, observasi dilapangan dan juga studi pustaka. Hasil penelitian
disimpulkan bahwa persepsi wisatawan yang berkunjung terdiri dari persepsi positif
dan persepsi negatif. Persepsi positif yakni nilai retribusi yang tergolong murah,
kerjasama dengan komunitas fotografer membantu promosi melalui kekuatan foto
yang mereka ciptakan, penggunaan sosial media instagram, warna baru melalui
kegiatan lain seperti acara standup hutan sangat membantu. Persepsi negatif terbentuk
dikarenakan kawasan ini belum bebas rokok dan belum dijadikan aturan oleh
pengelola hal ini mendapat tanggapan negatif dari wisatawan serta fasilitas sanitas
yang dinilai belum memadai oleh wisatawan. Karakteristik wisatawan yang menjadi
pengunjung terdiri dari dua bagian yakni pelajar dan orang tua. Pelajar datang pada
kawasan wisata mangunan untuk mengeksplore alam. Orang tua lebih memilih
berkunjung untuk menikmati kesegaran udara dan keasrian alam di desa wisata
mangunan.
Kata Kunci : Persepsi, Wisatawan, Komunikasi Pariwisata
xv
ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:09
Last Modified: 05 Apr 2022 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item