Pemodelan Fisis Skala Lapangan Metode Time Domain Induced Polarization (TDIP) Untuk Identifikasi Keberadaan Mineral Logam

Hidayatullah, Ary and Zakaria, Muhammad Faizal and Yatini, Yatini (2016) Pemodelan Fisis Skala Lapangan Metode Time Domain Induced Polarization (TDIP) Untuk Identifikasi Keberadaan Mineral Logam. In: Seminar Nasional Geofisika, 19 November 2016, Semarang.

[img]
Preview
Text
Pemodelan Fisis Skala Lapangan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemodelan fisis skala lampangan metode Time Domain Induced Polarization (TDIP) dilakukan untuk mengetahui respon TDIP hasil pemodelan inversi terhadap model subsurface yang sudah sudah diketahui. Pemodelan dilakukan dengan membuat model geologi ideal serta memvariasikan model subsurface. Pengukur menggunakan IRIS instrument tipe SYSCAL Junior dengan konfigurasi Dipole-dipole spasi a=10 cm serta n=8, konfigurasi Wenner spasi a=10cm serta n=6cm, dan panjang lintasan 200 cm untuk semua model subsurface. Data diolah menggunakan software Res2Dinv versi 3.54. Hasil berupa sayatan 2D berdasarkan parameter resistivitas dan chargeabilitas yang dikorelasikan dengan model surface yang digunakan. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang baik antara respon TDIP terhadap keberadaan mineral logam. Respon chargeabilitas tinggi menunjukkan keberadaan model mineral logam krena range resistivitas model subsurface dengan medium yang digunakan hampir sama. Konfigurasi Dipole-dipole mempunyai resolusi lebih baik dari pada konfigurasi Wenner, karena resolusi hasil pemodelan inversi konfigurasi Dipole-dipole sesuai dengan model subsurface yang digunakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr Y Yatini
Date Deposited: 16 Oct 2019 08:21
Last Modified: 21 Oct 2019 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item