GEOLOGI DAN PARAGENESIS ALTERASI SERTA KONTROL STRUKTUR GEOLOGI TERHADAP ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH GAGEMBA DAN SEKITARNYA, DISTRIK HOMEYO, KABUPATEN INTAN JAYA, PROVINSI PAPUA

Setiawan, Jatmika and Harjanto, Agus and Prabowo, Arief and HEDITYA, FAFA GEOLOGI DAN PARAGENESIS ALTERASI SERTA KONTROL STRUKTUR GEOLOGI TERHADAP ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH GAGEMBA DAN SEKITARNYA, DISTRIK HOMEYO, KABUPATEN INTAN JAYA, PROVINSI PAPUA. TEKNIK GEOLOGI, FTM, UPN VETERAN YOGYAKARTA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
B9.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian secara administratif terletak di daerah Gagemba, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Secara geografis terletak pada koordinat 136° 47’ 0’’ - 136° 49’ 0’’ BT dan 3° 42’ 0’’ - 3° 43’ 30’’ LS, dengan luasan daerah telitian 3,7 x 2,725 km2. Pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengumpulan data, dan tahap analisis data dan penyajian data. Stratigrafi daerah telitian dibagi menjadi empat satuan batuan, dari tua ke muda : Satuan Serpih Darewo (Jura – Kapur), Satuan Batugamping Waripi (Paleosen Awal), Satuan Intrusi Andesit (Pliosen), dan Satuan Endapan Alluvial (Resen). Geomorfologi daerah telitian dibagi menjadi dua satuan bentuklahan yaitu gawir garis sesar dan tubuh sungai. Struktur geologi yang ditemukan di daerah penelitian yaitu Sesar Mendatar Kiri Wakabu, Sesar Naik Kiri Gagemba, Sesar Naik Kiri Sabu Atas yang berpola baratlaut-tenggara dan Sesar Mendatar Kanan Naik Hulagupa, Sesar Mendatar Kanan Naik Sabu Bawah yang berpola timurlaut-baratdaya serta Sesar Turun Gagemba 1 dan 2 yang berpola utara-selatan. Zona alterasi hidrotermal pada daerah penelitian terdiri dari tiga zona alterasi zona potasik dengan himpunan mineral K-feldspar-magnetit±biotit, zona propilitik dengan himpunan mineral klorit-kalsit±epidot, dan zona filik dengan himpunan mineral kuarsa-pirit-serisit. Tahapan alterasi pada daerah penelitian dimulai dari alterasi potasik, propilitik, kemudin overprint oleh alterasi filik. Penyebaran zona alterasi berpola barat-timur dan utara-selatan yang dikontrol oleh pola sesar yang ada pada daerah penelitian. Hasil analisis geokimia AAS menunjukkan adanya komoditi logam Au-Cu. Sistem endapan hidrotermal daerah penelitian merupakan tipe endapan porfiri Au-Cu.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.ST,MT AGUS HARJANTO
Date Deposited: 26 Mar 2019 04:23
Last Modified: 26 Mar 2019 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item