UJI PATOGENISITAS BERBAGAI KONSENTRASI Beauveria bassiana YANG DITUMBUHKAN PADA MEDIA BEKATUL DAN JAGUNG TERHADAP PENGGEREK BUAH KOPI (Hyphotenemus hampei)

Widyaningtyas, Anindita (2019) UJI PATOGENISITAS BERBAGAI KONSENTRASI Beauveria bassiana YANG DITUMBUHKAN PADA MEDIA BEKATUL DAN JAGUNG TERHADAP PENGGEREK BUAH KOPI (Hyphotenemus hampei). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 COVER-dikonversi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESHAN.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Kopi merupakan komoditas yang bernilai ekspor tinggi. Penggerek buah kopi (Hypothenemus hampei) merupakan hama penyebab utama penurunan produksi kopi. Petani masih mengandalkan insektisida kimia untuk mengendalikan hama ini. Untuk mengurangi dampak negatifnya, maka dilakukan pengendalian hayati dengan menggunakan jamur Beauveria bassiana. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat patogenisitas B. bassiana dalam mengendalikan H. hampei, mengetahui media perbanyakan terbaik untuk pertumbuhan B. bassiana dan mengetahui konsentrasi terbaik dengan tingkat patogenisitas tertinggi. Penelitian laboratorium disusun menurut Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor. Penelitian ini menggunakan 8 (delapan) perlakuan yaitu K0 : Aquades, Kk : Insektisida Kimia Lamda Sihalotrin 25 EC, B1 : 10 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media bekatul, B2 : 20 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media bekatul, B3 : 30 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media bekatul, B4 : 10 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media jagung, B5 : 20 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media jagung dan B6 : 30 g/L B. bassiana ditumbuhkan pada media jagung. Tiap perlakuan menggunakan biji kopi yang diberi 20 ekor H. hampei dan dilakukan perulangan sebanyak 4 (empat) kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa B. bassiana mampu mengakibatkan kematian H. hampei. Media perbanyakan terbaik untuk pertumbuhan B. bassiana berdasarkan uji mutu spora (jumlah spora dan viabilitas spora) adalah media bekatul. Konsentrasi yang mampu menyebabkan kematian paling cepat dengan tingkat patogenisitas tinggi berdasarkan uji patogenisitas B. bassiana terhadap H. hampei (persentase kematian, kecepatan kematian, waktu kematian total, Lethal Time 50% dan daya makan) adalah konsentrasi 30 g/L B. bassiana yang ditumbuhkan pada media bekatul. Kata kunci : Beauveria Bassiana, Hypothenemus hampei, insektisida kimia, buah kopi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:15
Last Modified: 25 Mar 2019 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item