PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI AKADEMI MILITER MAGELANG

NATALINA KRISTIANI, A (2016) PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI AKADEMI MILITER MAGELANG. Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 1. COVER TESIS LINA.pdf]
Preview
Text
1. COVER TESIS LINA.pdf

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI TESIS.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI TESIS.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Thesis ini menjelaskan tentang Pengaruh Kompensasi, Kompetensi, dan Kepuasan kerja
terhadap kinerja tenaga pendidik dengan motivasi sebagai variabel mediasi di Akademi Militer
Magelang. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang: (1) Pengaruh kompensasi terhadap
kinerja dimediasi oleh motivasi (2) Pengaruh Kompetensi terhadap kinerja dimediasi oleh
motivasi (3) Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap kinerja dimediasi oleh motivasi (4) Pengaruh
Motivasi terhadap kinerja.
Dalam penelitian ini menggunakan seluruh responden yang ada dari seluruh Gadik di
Akademi Militer Magelang yaitu sebanyak 72 orang dengan menggunakan skala likert. Dari
hasil survey, di indikasikan bahwa sebagian besar Gadik Akmil Magelang. Bahwa besarnya
pengaruh tidak langsung kompensasi terhadap kinerja sebesar 0,216 dan nilai probabilitas
sebesar 0,000<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. pengaruh tidak langsung kompetensi
kerja terhadap kinerja Gadik melalui motivasi kerja adalah sebesar 0,157 dan nilai probabilitas
sebesar 0,011<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. pengaruh tidak langsung kepuasan
terhadap kinerja Gadik melalui motivasi kerja adalah sebesar 0,198 dan nilai probabilitas sebesar
0,008<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. berarti hal ini bahwa kompensasi memberi
pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Pengaruh positif dan signifikan juga di
tunjukkan pada pengaruh kompetensi serta kepuasan kerja terhadap kinerja Gadik dengan
motivasi yang menjadi variabel mediasi, variabel motivasi kerja memberi pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap kinerja Gadik. Pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja Gadik
adalah sebesar 0,487 dan nilai probabilitas sebesar 0,000<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk nilai R-square sebesar 0,805 pada
variabel motivasi yang berarti bahwa variabel motivasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel
kompensasi, kompetensi kerja dan kepuasan kerja sebesar 80,5% dan sisanya 19,5% dijelaskan
oleh variabel lainnya. Nilai R-square variabel kinerja sebesar 0,238 yang berarti bahwa kinerja
Gadik dapat dijelaskan oleh variabel motivasi kerja sebesar 23,8% dan sisanya 76,2% dijelaskan
oleh variabel lainnya. Nilai Q-square variabel Motivasi kerja sebesar 0,807 menunjukkan bahwa
penyusunan model PLS telah mampu menjelaskan 80,7% keragaman dari kompensasi,
kompetensi kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja. Sedangkan Q-square variabel kinerja
sebesar 0,256 menunjukkan bahwa 25,6% keragaman dari motivasi kerja dan kinerja Gadik.
Nilai Q2 > 0 menunjukkan bahwa model telah memiliki preditive yang relevan.
Kata kunci: Kompensasi, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Gadik

This thesis describes the role of Compensation, Competencies, and Job satisfaction to the
performance of teachers with motivation as a mediating variable in Military Academy, Magelang
. This study raised issues concerning: (1) The influence of compensation on performance
mediated by motivation (2) Influence of Competence on performance mediated by motivation (3)
The influence of Job Satisfaction on performance mediated by motivation (4) The influence of
motivation on performance.
This study are using respondents from teachers/instructors in Military Academy with the
number of respondent is 72 people with using Likert scale. The result of the survey indicated that
most teachers/instructors Akmil Magelang have influence. That the amount of indirect
compensation influence to the performance is 0.216 and probability value of 0.000 <0.05 (pvalue
<0.05) with 5% alpha. Indirect influence of job competence to the teacher/instructor
performance through work motivation is 0.157 and probability value is 0.011 <0.05 (p-value
<0.05) with 5% alpha. Indirect satisfaction influence on performance of teacher/instructor
through work motivation is 0.198 and probability value is 0.008<0.05 (p-value <0.05) with 5%
alpha. This means that the compensation gives positive and significant impact on performance.
Positive and significant influence is also shown on the influence of competency and job
satisfaction on teacher/instructor performance with the motivation as mediating variables, work
motivation variable gives a positive and significant impact on the performance of
teacher/instructor. Direct influence on the performance of work motivation of teacher/instructor
is equal to 0.487 and a probability value of 0.000 <0.05 (p-value <0.05) with 5% alpha.
Results from this study indicate that for the R-square value is 0.805 on the motivation
variable which means that work motivation can be explained by the compensation variable, job
competence and job satisfaction is 80.5% and the remaining 19.5% is explained by other
variables. R-square value of the performance variable is 0.238 which means that the performance
can be explained by the variable teacher/instructor work motivation as many as 23.8% and the
remaining 76.2% is explained by other variables. Q-square value of work motivation variable is
0.807 indicates that the arranging of the PLS model was able to explain 80.7% of the
compensation diversity, workplace competencies, job satisfaction and motivation. While the
0.256 Q-square variable performance indicates that 25.6% of the diversity of work motivation
and performance teacher/instructor. Q2 value> 0 indicates that the model has had relevant
predictive.
Keywords: Compensation, Competence, Job Satisfaction, Work Motivation, Performance of
teacher/instructor

Item Type: Thesis (Masters)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 20 May 2016 03:34
Last Modified: 20 May 2016 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item