PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI AKADEMI MILITER MAGELANG

NATALINA KRISTIANI, A (2016) PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI AKADEMI MILITER MAGELANG. Masters thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER TESIS LINA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI TESIS.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Thesis ini menjelaskan tentang Pengaruh Kompensasi, Kompetensi, dan Kepuasan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dengan motivasi sebagai variabel mediasi di Akademi Militer Magelang. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang: (1) Pengaruh kompensasi terhadap kinerja dimediasi oleh motivasi (2) Pengaruh Kompetensi terhadap kinerja dimediasi oleh motivasi (3) Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap kinerja dimediasi oleh motivasi (4) Pengaruh Motivasi terhadap kinerja. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh responden yang ada dari seluruh Gadik di Akademi Militer Magelang yaitu sebanyak 72 orang dengan menggunakan skala likert. Dari hasil survey, di indikasikan bahwa sebagian besar Gadik Akmil Magelang. Bahwa besarnya pengaruh tidak langsung kompensasi terhadap kinerja sebesar 0,216 dan nilai probabilitas sebesar 0,000<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. pengaruh tidak langsung kompetensi kerja terhadap kinerja Gadik melalui motivasi kerja adalah sebesar 0,157 dan nilai probabilitas sebesar 0,011<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. pengaruh tidak langsung kepuasan terhadap kinerja Gadik melalui motivasi kerja adalah sebesar 0,198 dan nilai probabilitas sebesar 0,008<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. berarti hal ini bahwa kompensasi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Pengaruh positif dan signifikan juga di tunjukkan pada pengaruh kompetensi serta kepuasan kerja terhadap kinerja Gadik dengan motivasi yang menjadi variabel mediasi, variabel motivasi kerja memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja Gadik. Pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja Gadik adalah sebesar 0,487 dan nilai probabilitas sebesar 0,000<0,05 (p-value<0,05) dengan alpha 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk nilai R-square sebesar 0,805 pada variabel motivasi yang berarti bahwa variabel motivasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel kompensasi, kompetensi kerja dan kepuasan kerja sebesar 80,5% dan sisanya 19,5% dijelaskan oleh variabel lainnya. Nilai R-square variabel kinerja sebesar 0,238 yang berarti bahwa kinerja Gadik dapat dijelaskan oleh variabel motivasi kerja sebesar 23,8% dan sisanya 76,2% dijelaskan oleh variabel lainnya. Nilai Q-square variabel Motivasi kerja sebesar 0,807 menunjukkan bahwa penyusunan model PLS telah mampu menjelaskan 80,7% keragaman dari kompensasi, kompetensi kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja. Sedangkan Q-square variabel kinerja sebesar 0,256 menunjukkan bahwa 25,6% keragaman dari motivasi kerja dan kinerja Gadik. Nilai Q2 > 0 menunjukkan bahwa model telah memiliki preditive yang relevan. Kata kunci: Kompensasi, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Gadik This thesis describes the role of Compensation, Competencies, and Job satisfaction to the performance of teachers with motivation as a mediating variable in Military Academy, Magelang . This study raised issues concerning: (1) The influence of compensation on performance mediated by motivation (2) Influence of Competence on performance mediated by motivation (3) The influence of Job Satisfaction on performance mediated by motivation (4) The influence of motivation on performance. This study are using respondents from teachers/instructors in Military Academy with the number of respondent is 72 people with using Likert scale. The result of the survey indicated that most teachers/instructors Akmil Magelang have influence. That the amount of indirect compensation influence to the performance is 0.216 and probability value of 0.000 <0.05 (pvalue <0.05) with 5% alpha. Indirect influence of job competence to the teacher/instructor performance through work motivation is 0.157 and probability value is 0.011 <0.05 (p-value <0.05) with 5% alpha. Indirect satisfaction influence on performance of teacher/instructor through work motivation is 0.198 and probability value is 0.008<0.05 (p-value <0.05) with 5% alpha. This means that the compensation gives positive and significant impact on performance. Positive and significant influence is also shown on the influence of competency and job satisfaction on teacher/instructor performance with the motivation as mediating variables, work motivation variable gives a positive and significant impact on the performance of teacher/instructor. Direct influence on the performance of work motivation of teacher/instructor is equal to 0.487 and a probability value of 0.000 <0.05 (p-value <0.05) with 5% alpha. Results from this study indicate that for the R-square value is 0.805 on the motivation variable which means that work motivation can be explained by the compensation variable, job competence and job satisfaction is 80.5% and the remaining 19.5% is explained by other variables. R-square value of the performance variable is 0.238 which means that the performance can be explained by the variable teacher/instructor work motivation as many as 23.8% and the remaining 76.2% is explained by other variables. Q-square value of work motivation variable is 0.807 indicates that the arranging of the PLS model was able to explain 80.7% of the compensation diversity, workplace competencies, job satisfaction and motivation. While the 0.256 Q-square variable performance indicates that 25.6% of the diversity of work motivation and performance teacher/instructor. Q2 value> 0 indicates that the model has had relevant predictive. Keywords: Compensation, Competence, Job Satisfaction, Work Motivation, Performance of teacher/instructor

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 20 May 2016 03:34
Last Modified: 20 May 2016 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item