PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP WORD OF MOUTH (SURVEY PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUA PINDUL, KABUPATEN GUNUNG KIDUL)

SUDIRMAN, MIFTAH FARID (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP WORD OF MOUTH (SURVEY PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUA PINDUL, KABUPATEN GUNUNG KIDUL). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of cover scan.pdf]
Preview
Text
cover scan.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi scan.pdf]
Preview
Text
daftar isi scan.pdf

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan scan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan scan.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of gabungan-skripsi.pdf] Text
gabungan-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran objek wisata Gua Pindul
khususnya Word Of Mouth (WOM) yang di pengaruhi oleh kualitas pelayanan,
persepsi harga, citra, dan kepuasan. Dewasa ini WOM telah berkembang menjadi
alat pemasaran yang efektif yang tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh
perusahaan. Oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan faktor
faktor pembentuk WOM. Dalam penelitian ini peneliti melakukan survey pada 100
responden dengan bantuan kuesioner dengan menggunakan metode purposive
sampling dan menggunakan skala likert. Hasil data yang didapat kemudian diolah
menggunakan software SPSS untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Kemudian
peneliti menggunakan software WarpPLS-SEM 6.0 untuk melakukan structural
equation modelling (SEM). Hasil dari analisis SEM ini menghasilkan informasi
berupa outer model, model fit, inner model, uji koefisien determinasi (R2) dan uji t.
Dari analisis ini dapat diketahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas
pelayanan, persepsi harga, citra, dan kepuasan dalam membentuk WOM. Dari
analisis ini juga dapat disimpulkan mengenai saran dan masukan khususnya untuk
pengelola objek wisata gua Pindul untuk meningkatkan WOM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga, dan
citra berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan. Kemudian kepuasan
berpengaruh secara langsung terhadap word of mouth. Maka dari itu dapat
disimpulkan untuk menunjang WOM, pengelola objek wisata Gua Pindul perlu
untuk memperhatikan perihal kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra.
Kata kunci : Word of mouth (WOM), kualitas pelayanan, persepsi harga, citra,
kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Mar 2019 03:19
Last Modified: 04 Jan 2023 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item