APLIKASI PREDIKSI PASOKAN GAS ELPIJI MENGGUNAKAN FUZZY MAMDANI DAN PERAMALAN PERMINTAAN GAS ELPIJI DENGAN METODE HOLT’S DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING (Studi Kasus HISWANA MIGAS)

Hermawan, Nafi (2018) APLIKASI PREDIKSI PASOKAN GAS ELPIJI MENGGUNAKAN FUZZY MAMDANI DAN PERAMALAN PERMINTAAN GAS ELPIJI DENGAN METODE HOLT’S DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING (Studi Kasus HISWANA MIGAS). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) tak lepas dari pasang surut dan dinamika dunia migas di tanah air. Hiswana Migas di tunjuk sebagai sebagai elemen dari pelaksana penyaluran BBM atau non BBM di dalam negeri. Pada tahun 2007 Pemerintah membuat kebijakan yaitu pengalihan subsidi minyak tanah ke elpiji 3 kg. Pemerintah dirasa kurang siap dengan pendistribusian elpiji, sehingga menyebabkan terjadinya kelankaan di daerah tertentu. Distribusi yang kurang baik merupakan salah satu dari banyaknya faktor penyebab kelangkaan. Distribusi yang belum konsisten dalam menentukan pasokan mengakibatkan permintaan tidak terpenuhi seutuhnya. Upaya optimasi merupakan salah satu cara untuk memperbaiki desai ideal dan optimal rantai pasokan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara membangun sistem yang dapat membantu dalam memprediksi pasokan yang optimal. Logika Fuzzy merupakan salahsatu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian, begitu juga dengan metode Holt’s Double Exponential Smoothing yang dapat digunakan untuk meramalkan jumlah permintaan papa periode selanjutnya yang didukung dengan data permintaan pada periode sebelumnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui prediksi pasokan elpiji 3 kg pada masa mendatang setiap tahun menggunakan metode Fuzzy Mamdani dan di setiap kabupaten yang terdapat di DIY berdasarkan peramalan permintaan dengan metode Holt’s Double Exponential Smoothing, sehingga dapat membantu pihak Hiswana Migas untuk menentukan pengambilan kebijakan kedepan. Jumlah data atau range waktu yang digunakan dalam peramalan, dan pemilihan nilai α dan ɣ yang tepat, dapat mempengaruhi hasil nilai ramalan dan MAPE. Kata kunci : Distribusi, Kelangkaan, Double Exponential Smoothing, Fuzzy Mamdani

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:45
Last Modified: 16 Jan 2019 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17996

Actions (login required)

View Item View Item