PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW DAN KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

PUTRI, ATIKA DESY (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW DAN KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

x ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, free cash flow dan kesempatan investasi, secara parsial dan simultan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima tahun yaitu mulai tahun 2013-2017. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Dari populasi sebanyak 683 perusahaan manufaktur diperoleh 240 perusahaan manufaktur sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunkan analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa profitabilitas dan free cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan kesempatan investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Nilai koefisien determinasi (adjusted R Square) sebesar 0,146 menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas, free cash flow dan kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen sebesar 14,6%, dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Profitabilitas, Free Cash Flow, Kesempatan Investasi, Kebijakan Dividen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:28
Last Modified: 16 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item