ANALISIS PERBAIKAN TERMAL PADA LINGKUNGAN KERJA FISIK DENGAN SISTEM VENTILASI DAN PAKAIAN PEKERJA (Studi Kasus di CV. Bonjor Jaya Utama, Kab.Klaten)

Wibowo, Azhar (2018) ANALISIS PERBAIKAN TERMAL PADA LINGKUNGAN KERJA FISIK DENGAN SISTEM VENTILASI DAN PAKAIAN PEKERJA (Studi Kasus di CV. Bonjor Jaya Utama, Kab.Klaten). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tingkat persaingan industri saat ini semakin ketat. Suatu perusahaan harus mempunyai produktivitas dan kenyamanan yang tinggi baik untuk perusahaan maupun pekerja untuk dapat bertahan dalam persaingan. CV. Bonjor Jaya Utama adalah perusahaan industri menengah yang bergerak di bidang produksi peleburan logam baja, yang berlokasi di Ceper, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Setelah dilakukan pengamatan dan pengukuran pada ruang produksi, diperoleh suhu rata-rata mencapai 31,5℃ dan kelembaban mencapai 66% di setiap titik pekerja yang sedang melakukan aktivitas. Hasil wawancara terhadap pekerja menyatakan bahwa 81% dari seluruh pekerja memiliki keluhan tidak nyaman karena tidak ada sirkulasi udara. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan peningkatan kenyamanan pada kondisi ruang produksi. Penelitian ini diusulkan dengan perbaikan sistem yang dirancang untuk perbaikan dalam peningkatan sirkulasi udara di dalam ruangan. Tahapan yang dilakukan dimulai dari pengkajian sistem ventilasi aktual, pengamatan jumlah ventilasi dan analisis jumlah ventilasi yang sesuai dengan kebutuhan besaran ruangan dan dilakukan pengukuran nilai kenyamanan termal pada ruang produksi dengan menggunakan metode Predicted Mean Vote (PMV) dan Predicted Percentage Dissatisfied (PPD). Dari hasil pengolahan data, diperoleh upaya untuk perbaikan termal dan alternatif yang dipilih yaitu perbaikan ventilasi dengan luas bukaan sebesar 7,31m2. Alternatif berikut terpilih karena mempunyai nilai PPD terendah sebesar 90,46%. Nilai PMV dan PPD dipengaruhi oleh tingkat kecepatan angin yang bergerak dan pakaian yang digunakan oleh pekerja. Kata kunci : PMV, PPD, kenyamanan pekerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:59
Last Modified: 11 Jan 2019 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item View Item