PERANCANGAN TUNGKU SEBAGAI ALAT BANTU PROSES PELOROTAN MALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus di Batik Mantaran Trimulyo, Sleman, Yogyakarta)

Triswendi, Pangga Dwi (2018) PERANCANGAN TUNGKU SEBAGAI ALAT BANTU PROSES PELOROTAN MALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus di Batik Mantaran Trimulyo, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK INDO.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.COVER pangga fix.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI ok.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (5MB) | Preview

Abstract

UMKM Batik Mantaranmerupakan salah satu pembuat batikyang terletak di Padukuan Mantaran, Klegen/Polowidi, Trimulyo, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewah Yogyakarta. Batik Mantaran masih menggunakan alat tungku yang sederhana dan tidak presisi, sehingga proses perebusan air untuk pelorotan malam menjadi lama hingga satu jam sampai satu setengah jam dan jumlah produksi tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, perlu dirancang ulang alat tungku dengan pembakaran yang maksimal untuk mempercepat perebusan, mengurangi kelelahan, waktu, dan resiko cidera operator saat bekerja. Tahap perancangan dilakukan berdasarkan metode Pahl and Beitz. Alat tungku dirancang secara efektifdengan memperhatikan atribut meliputi waktu perebusan yang lebih cepat mudah dioperasikan, mudah dalam perawatan, mesin awet dan tahan lama, kemudian perancanganalat tungkudiwujudkan dalam bentuk nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat tungku yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat menuurunkan waktu proses dari 68,91menit menjadi 57,08 menit dan uji tingkat kepuasan pengguna sebesar 4,41 dari skala 5, hal ini menunjukan alat tungku masuk dalam klasifikasi baik. Kata Kunci: perancangan alat tungku, Pahl and Beitz, efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:41
Last Modified: 10 Jan 2019 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item