MENCARI POLA PENJUALAN PADA MINIMARKET DENGAN METODE WEIGHTED ASSOCIATION RULE MINING (STUDI KASUS TOKO SERBA ADA PUSAT KOPERASI PEGAWAI NEGERI WONOSOBO)

LARASHATI, NUR WIDHI (2018) MENCARI POLA PENJUALAN PADA MINIMARKET DENGAN METODE WEIGHTED ASSOCIATION RULE MINING (STUDI KASUS TOKO SERBA ADA PUSAT KOPERASI PEGAWAI NEGERI WONOSOBO). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER - NWL.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING-NWL.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI-NWL.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK - NWL.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI-NWL.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Saat ini pertumbuhan pasar modern seperti minimarket tergolong tinggi, oleh karenanya penting bagi pengelola minimarket menyusun strategi pemasaran guna menghadapi persaingan yang ketat dan meningkatkan keuntungan minimarket. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah analisis keranjang belanja ialah menggunakan data mining dengan memanfaatkan data transaksi penjualan. Selama ini data transaksi penjualan pada toko serba ada Pusat Koperasi Pegawai Negeri (PKPN) Wonosobo belum dimanfaatkan dengan baik, data transaksi tersebut hanya digunakan untuk membuat laporan penjualan. Menggunakan metode Weighted Association Rule Mining (WARM) dengan Two Phase Algoritm, data transaksi penjualan dapat dimanfaatkan untuk menganalisis keranjang belanja dan menggali informasi itemset yang memiliki asosiasi dan keuntungan tinggi. Pada WARM terdapat dua jenis pembobotan yaitu jumlah itemset terjual dan jumlah keuntungan setiap unit barang. Kemudian dengan menggunakan Two Phase Algoritm, dimana pengelola toko memasukan nilai minimum utility threshold dan nilai minimum utility threshold maka knowledge akan ditemukan. Knowledge yang dihasilkan berupa itemset yang memiliki nilai asosiasi dan keuntungan tinggi. Sebuah itemset disebut memiliki nilai profit dan asosiasi tinggi apabila memiliki nilai diatas minimum utility threshold dan minimum confidence threshold. Informasi asosisi barang yang terjual secara bersamaan didapat digunakan untuk referensi pengaturan tata letak barang pada swalayan dan diharapkan mampu meningkatkan keuntungan bagi pengelola swalayan. Katakunci: Weighted Association Rule Mining, Two Phase Algorithm, Market Basket Analysis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:31
Last Modified: 10 Jan 2019 04:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item