PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Go Public yang terdaftar di BEI Periode 2013-2015)

UTARI, LINTANG BUDI (2019) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Go Public yang terdaftar di BEI Periode 2013-2015). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Penelitian ini menguji hubungan masing-masing dari tiga sumber daya utama perusahaan yaitu capital emloyeed (VACA), human capital (VAHU), dan structural capital (STVA) terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan price to book value (PBV) sedangkan kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan return on asset (ROA). Sampel yang digunakan adalah 20 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Analisis data menggunakan model path analysis dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk menganalisis pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VACA dan STVA berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. VAHU berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV. Kinerja keuangan memediasi hubungan antara VACA dan STVA terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:04
Last Modified: 13 Nov 2019 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17721

Actions (login required)

View Item View Item