ANALISIS ZONA AKUIFER PADA KAWASAN KARST DAERAH “X” MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SCHLUMBERGER ANALYSIS OF AQUIFER ZONE IN "X" FIELD AREA OF KARST USING GEOELETRIC METHOD OF CONFIGURATION SCHLUMBERGER

SUHARSO, KRESNO BAYU (2018) ANALISIS ZONA AKUIFER PADA KAWASAN KARST DAERAH “X” MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SCHLUMBERGER ANALYSIS OF AQUIFER ZONE IN "X" FIELD AREA OF KARST USING GEOELETRIC METHOD OF CONFIGURATION SCHLUMBERGER. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan,. Salah satu metode yang digunakan dalam eksplorasi air tanah adalah VES (Vertical Electric Sound ). Penelitian ini telah dilakukan pada kawasan karst daerah “X” menggunakan metode geolistrik konfigurasi Schumberger guna mencari akuifer. Data yang digunakan sebanyak 22 titik sounding dengan pajang bentangan bervariasi (120 meter – 400 meter). Data yang didapat dari pengukuran di lapangan berupa nilai potensial listrik (V) dan arus listrik (I). Kemudian diolah menggunakan IPI2WIN dan menghasilkan penampang 1D, kemudian dilakukan korelasi 2D dari lintasan yang mewakakili hingga didapatkan informasi akuifer, kedalaman, serta ketebalan lapisan secara 2D. Dari hasil interpretasi dan analisa yang dilakukan pada penampang 1D, Korelasi 2D, dapat ditentukan lapisan yang diduga sebagai akuifer yang dapat dilihat pada Korelasi. Pada interpretasi di dapat bahwa nilai akuifer pada daerah penelitian ini memiliki nilai resistivitas yang kecil yaitu berkisar antara 20 – 40 ohm.m. dengan kedalaman 35 – 49,2m serta ketebalan lapisan16 - 28 m. Nilai resistivitas Batu lempung diantara 1- 20 ohm.m dengan kedalaman 32,5 – 133m serta ketebalan 7,85 - 63,1m dan nilai resistivitas batu gamping yang tinggi berkisar antara 40 – 900 ohm.m. dengan kedalaman 21,1 – 133m serta ketebalan 10m – 88,3m. Kata kunci: Akuifer, Geolistrik, Schlumberger, Resistivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 03:08
Last Modified: 08 Jan 2019 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item