PENGARUH HARGA BIJIH NIKEL DUNIA, KURS, DAN GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) TERHADAP VOLUME EKSPOR IJIH NIKEL DI INDONESIA MENURUT NEGARA UJUAN PERIODE 2006-2013

Syaefurriza, Grandis (2018) PENGARUH HARGA BIJIH NIKEL DUNIA, KURS, DAN GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) TERHADAP VOLUME EKSPOR IJIH NIKEL DI INDONESIA MENURUT NEGARA UJUAN PERIODE 2006-2013. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Harga Bijih Nikel Dunia, Kurs, Gross Domestic Product (GDP) terhadap Volume Ekspor Bijih Nikel Indonesia Menurut Negara Tujuan periode 2006-2013, dilatarbelakangi karena nikel merupakan komoditi unggulan yang bernilai ekonomis di Indonesia, dan juga menjadi salah satu komoditi ekspor utama Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui variabel harga bijih nikel dunia, kurs, dan Gross Domestic Product (GDP) dan apakah berpengaruh terhadap volume ekspor bijih nikel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari web resmi Badan Pusat Statistik dan web resmi World Bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel. Data yang digunakan yaitu cross section meliputi 6 negara tujuan ekspor bijih nikel Indonesia ke beberapa negara tujuan, dan data time series dari tahun 2006-2013. Hasil uji regresi data panel menunjukkan bahwa model yang terpilih paling tepat yaitu fixed effect models, dimana dalam model ini harga bijih nikel dunia tidak berpengaruh terhadap volume ekspor bijih nikel, kurs tidak berpengaruh terhadap volume ekspor bijih nikel, sedangkan Gross Domestic Product memiliki hubungan positif dan signifikan. Kata Kunci : Bijih Nikel, Ekspor, Harga, Kurs, dan Gross Domestic Product.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:21
Last Modified: 14 Dec 2018 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17546

Actions (login required)

View Item View Item