PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PADA LINI PRODUKSI PERCETAKAN KERTAS DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) (Studi Kasus di CV PUTRA KILAU LAMPUAN)

Herlangga, Vicky (2018) PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PADA LINI PRODUKSI PERCETAKAN KERTAS DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) (Studi Kasus di CV PUTRA KILAU LAMPUAN). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Putra Kilau Lampuan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan, berlokasi di Jln. Sedap Malam No. 11 Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. CV Putra Kilau Lampuan berawal dari perusahaan kecil yang bergerak dalam bidang Jasa Finishing hingga menjadi perusahaan percetakan. Selama ini perusahaan membuat produk sesuai dengan pesanan konsumen (MTO). Pesanan yang semakin bertambah ditambah adanya mesin – mesin baru yang dibeli untuk meningkatkan kapasitas produksi membuat perusahaan berencana membuat pabrik baru di lahan yang telah dipersiapkan. Berdasarkan pada rencana perusahaan untuk membuat layout dan merancang tata letak fasilitas pada lantai produksi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perancangan tata letak fasilitas pada lantai produksi yang memenuhi kapasitas produksi dan menghasilkan ongkos material handling minimal menggunakan metode Systematic Layout Planning. Metode ini digunakan karena dapat menentukan kebutuhan mesin, operator, luas area, membuat sistem aliran material, menentukan derajat kedekatan antar departemen, merancang tata letak fasilitas, dan memperhitungkan material handling dan aisle yang ada. Setelah dilakukan perhitungan maka hasil dari perhitungan pada penelitian ini bahwa perancangan tata letak fasilitas produksi (initial layout) ini memiliki total luas lantai sebesar 2.283,42 m2. Lalu memiliki jarak material handling sebesar 198,91 meter per hari dengan total biaya Rp 601.989,90. Sebagai perbandingan agar mendapatkan hasil yang terbaik, maka dibuat tata letak menggunakan Win-Qsb yang memiliki penurunan jarak perpindahan sebesar 2.706,28 meter. Perancangan diatas didapatkan penurunan biaya material handling sebesar Rp 9.253.975,75 per bulan. Efisiensi yang diperoleh setelah adanya perubahan tata letak fasilitas produksi sebesar 61,49 %. Kata kunci: Perancangan Tata Letak Fasilitas, Sistematic Layout Planning (SLP), Win-Qsb, Material Handling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Dec 2018 07:08
Last Modified: 04 Dec 2018 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17462

Actions (login required)

View Item View Item