PENGUKURAN TEKNOLOGI DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK DAN SERVQUAL (Studi Kasus di PT Pos Indoesia, Yogyakarta)

Ardliansyah, Rizki (2018) PENGUKURAN TEKNOLOGI DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK DAN SERVQUAL (Studi Kasus di PT Pos Indoesia, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PERPUS PUSAT.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Teknologi dan pelayanan merupakan kunci dari kepercayaan masayarakat
terhadap sebuah perusahaan. Pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen
pada suatu industri jasa pengiriman adalah dengan menawarkan jasa dengan harga
yang terjangkau, penyerahan lebih cepat, dan pelayanan yang memuaskan terhadap
konsumen. Selain hal tersebut perusahaan juga memerlukan teknologi yang
mendukung untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam industri jasa dikarenakan
kemampuan suatu perusahaan dalam mengadopsi teknologi memberikan dampak
yang sangat signifikan terhadap persaingan industri sejenis.
Persaingan ketat terjadi antar perusahaan yang bergerak di industri jasa
pengiriman seperti PT POS Indonesia dengan PT JNE, dimana PT JNE yang leih
muda dari PT PT POS Indonesia mampu menjadi jasa kurir yang diminati
berdasarkan Top Brand Index pada tahun 2015 sampai 2017 dengan presentase
43,5%, 47,6% dan 49,4%. Sedangkan PT POS Indonesia mempunyai presentase
dari 6,7% sampai 7,9% saja. Dari data tersebut pemilihan PT POS sebagai objek
penelitiian dan PT JNE sebagai pembanding.
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan pengukuran teknologi dan
kualitas pelayanan pelanggan di PT POS Indonesia. Metode yang digunakan untuk
merespon kebutuhan dan keinginan pelanggan ialah metode teknometrik dan
servqual. Metode teknometrik digunakan untuk mengukur kontribusi gabungan dari
masing – masing komponen teknologi dengan fasilitas fisik yang digunakan,
kemampuan dari sumber daya manusianya, fakta – fakta yang terjadi selama proses
pengiriman, serta kerangka kerja organisasi pada kedua perusahaan tersebut.
Kontribusi gabungan ini selanjutnya disebut kontribusi teknologi yang terbentuk
oleh keempat komponen teknologi pada fasilitas transformasi.
Kata kunci : Pengukuran teknologi, Kualitas pelayanan, Service Quality
(servqual), Teknometrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:36
Last Modified: 04 Dec 2018 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item