GEOLOGI DAN KEBERADAAN BATUAN-BATUAN TERSIER PADA ENDAPAN VULKANIK KUARTER DAERAH BANDAR DAWUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TAWANGMANGU, KABUPATEN KARANGANYAR, PROVINSI JAWA TENGAH

FACHROZA, RIVAL MUHAMMAD (2018) GEOLOGI DAN KEBERADAAN BATUAN-BATUAN TERSIER PADA ENDAPAN VULKANIK KUARTER DAERAH BANDAR DAWUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TAWANGMANGU, KABUPATEN KARANGANYAR, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL RIVAL.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI RIVAL.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian terletak di daerah Bandar Dawung dan sekitarnya, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis terletak pada koordinat 506000 mE – 511000 mE dan 9152000 mN – 9157000 mN (dalam koordinat UTM, Zona 49 S). Daerah penelitian memiliki luas 5 x 5 km dengan skala peta 1: 20.000. Metode penelitian adalah dengan pemetaan geologi permukaan, kemudian dilakukan analisis laboratorium dan studio untuk menghasilkan peta lintasan, peta geomorfologi, peta geologi serta mengetahui keberadaan batuan-batuan tersier yang tersingkap pada daerah penelitian.. Secara Gemorfologi daerah penelitian dibagi atas satu bentuk asal yaitu bentuk asal vulkanik, kemudian dibagi menjadi bentuk lahan berupa lereng bawah (V4), lereng kaki bawah (V25), bukit terisolir (D4), Pola pengaliran yang berkembang pada daerah telitian yaitu sub parallel, merupakan pola aliran dasar yang dibentuk oleh kelerengan yang seragam serta mengalir melalui bedrock stream. Stratigrafi daerah pelitian dibagi menjadi empat Satuan, urutan Satuan dari yang paling tua ke muda adalah Satuan lava-andesit Nglanggeran (Miosen Awal), Satuan batugaming-kristalin Wonosari (Miosen Akhir-Pliosen Awal), Satuan endapan-piroklastik Lawu (Holosen), Satuan endapan-lahar Lawu (Holosen) Struktur geologi yang berkembang adalah kekar dengan arah umum berarah timur laut – baratdaya dan sesar – sesar naik . Satuan lava-andesit Nglanggeran dan Satuan batugamping-kristalin Wonosari pada daerah penelitian diinterpretasikan sebagai produk overthrust, ditandai dengan berkembangnya sesar naik pada daerah penelitian baik yang diperkirakan tertimbun diabawah satuan maupun yang didapat berdasarkan analisis streografis. Kata kunci : Sesar, Overthrust, Batugamping kristalin, Lava andesit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Nov 2018 08:26
Last Modified: 29 Nov 2018 08:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item View Item