PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP EFISIENSI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia)

Widyapsari, Ni Luh Putu Wahyu (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP EFISIENSI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pemerintah daerah yang diproksikan dengan tingkat ketergantungan pada pusat, tingkat kekayaan daerah, ukuran pemerintah daerah, dan belanja daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah berdasarkan rasio efisiensi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Sampel yang digunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang ditentukan maka diperoleh sampel 828 Kabupaten/Kota pada tahun 2014-2016. Data sekunder dalam penelitian ini adalah data LKPD dari Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan di bawah Kementrian Keuangan. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik untuk analisis data dan analisi regresi linier berganda untuk menguji hipotesis, pengujian data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan pada pusat, ukuran pemerintah daerah, dan belanja daerah memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah berdasarkan rasio efisiensi, sedangkan tingkat kekayaan daerah tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan keuangan pemerintah daerah berdasarkan rasio efisiensi. Kata kunci: Karakteristik pemerintah daerah, kinerja keuangan pemerintah daerah, rasio efisiensi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Nov 2018 04:37
Last Modified: 22 Nov 2018 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item View Item