IMPLEMENTASI JARINGAN LOAD BALANCE DENGAN METODE EQUAL COST MULTI PATH (ECMP) DAN MANAJEMEN BANDWIDTH (STUDI KASUS INTERNET CAFÉ ONE.NET YOGYAKARTA)

Oktafian, Hanief (2018) IMPLEMENTASI JARINGAN LOAD BALANCE DENGAN METODE EQUAL COST MULTI PATH (ECMP) DAN MANAJEMEN BANDWIDTH (STUDI KASUS INTERNET CAFÉ ONE.NET YOGYAKARTA). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tempat usaha yang menawarkan layanan jasa bagi konsumen untuk dapat menggunakan fasilitas koneksi internet salah satunya yaitu internet café. Penggunaan bandwidth suatu jaringan dapat dipengaruhi oleh banyaknya user dan tingkat kebutuhan mengakibatkan timbul permasalahan beban koneksi terganggu dan mengalami overload bandwidth. Untuk menstabilkan koneksi internet dibutuhkan load balance yang berperan mendistribusikan beban kerja traffic secara merata terhadap server dan client untuk mendapatkan pemanfaatan daya traffic yang optimal. Untuk memastikan bahwa setiap pengunjung mendapatkan kapasitas bandwidth dan koneksi internet yang lebih stabil timbul solusi untuk melakukan manajemen bandwidth Queue Tree dan menggunakan dua ISP menjadikan mikrotik sebagai load balancer Equal Cost Multi (ECMP). Mekanismenya yaitu mikrotik akan menandai paket yang ingin mengakses internet, lalu memilih ISP mana yang akan dilewatinya dan menyeimbangkan beban pada kedua koneksi ISP tersebut. Berdasarkan metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Network Development Life Cycle (NDLC), maka sebelum menentukan metode load balancing peneliti melakukan analisis terhadap kondisi awal traffic jaringan yaitu dengan monitoring untuk mendapatkan log-log yang ada. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil membangun tambahan struktur topologi jaringan bus yaitu dengan router Mikrotik RB951Ui sebagai konfigurasinya. Berdasarkan pengujian yang dilakukan ECMP load balancing mampu menyebarkan packet data (bit/s) yang hampir sama pada kedua ISP untuk mengoptimasi jaringan internet dengan presentase berupa data grafik. Lalu peneliti menerapkan teknik failover dimana jika salah satu koneksi gateway sedang terputus, maka gateway lainnya otomatis akan menjadi backup yang akan menopang semua traffic jaringan. Pengujian dilakukan dengan User Acceptance Test (UAT) terhadap admin dan user. Pengujian pada admin menghasilkan tingkat keberhasilan 100% dengan 9 parameter sedangkan hasil pengujian pada user menghasilkan tingkat keberhasilan 95.71% dengan 7 parameter. Dengan demikian hasil konfigurasi mikrotik ini dapat digunakan oleh pengelolanya meski ada kekurangan dan bisa untuk pengembangan pada penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Jaringan internet, ECMP load balancing, Mikrotik, Queue Tree, Failover

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Oct 2018 04:58
Last Modified: 23 Oct 2018 04:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17067

Actions (login required)

View Item View Item