PANYONGANG, MAYA MAJESTA (2018) PENGARUH PENGALAMAN, MOTIVASI, CITRA DESTINASI, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DI OBYEK WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
Preview |
Text
LEM BAR PENGESAHAN.pdf Download (226kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Keberadaan objek wisata Taman Sari sebagai destinasi wisata di Yogyakarta tentu menjadi daya Tarik bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung pengalaman, motivasi, citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Penelitian ini di lakukan pada wisatawan Mancanegara dan wisatawan lokal yang mengunjungi objek wisata Taman Sari – Yogyakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 wisatawan dengan teknik analisis data menggunakan Structural Equational Model (SEM) dengan Program Smart PLS 3.0. Kriteria sampel yaitu wisatawan yang melakukan kunjungan wisata untuk tujuan wisata heritage.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. pengalaman berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan, 2. motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan, 3. citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, 4. citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas 5. pengalaman berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, 6. kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas.
Berdasarkan hasil, di peroleh bahwa variabel kepuasan memiliki nilai koefesien pangaruh paling tinggi terhadap variabel loyalitas. Varibel kepuasan juga merupakan mediator dari variabel pengalaman, motivasi dan citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan. Sehingga kepuasan akan di peroleh jika pengalaman, motivasi dan citra destinasi sesuai dengan yang mereka harapkan. Oleh karena itu, pengelola harus meningkatkan kualitas bangunan Taman Sari, kualitas dari cerita sejarah budayanya, dan kualitas pelayanan yang sesuai dengan ekspektasi atau bahkan melebihi ekspektasi wisatawan.
Kata kunci : pengalaman, motivasi, citra destinasi, kepuasan, loyalitas, wisatawan,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:03 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16918 |
Actions (login required)
View Item |