DISTRIBUSI FASIES SEISMIK KARBONAT FORMASI KUJUNG-1, LAPANGAN OPPI, CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA BERDASARKAN DATA LOG SUMUR, CORE, MUDLOG, PETROGRAFI DAN SEISMIK UNTUK MENGETAHUI POTENSI DAN KUALITAS RESERVOAR

Kurniawan, Raditya Bagus (2018) DISTRIBUSI FASIES SEISMIK KARBONAT FORMASI KUJUNG-1, LAPANGAN OPPI, CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA BERDASARKAN DATA LOG SUMUR, CORE, MUDLOG, PETROGRAFI DAN SEISMIK UNTUK MENGETAHUI POTENSI DAN KUALITAS RESERVOAR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Dalam mendukung ketahanan energi nasional, geologist dituntut untuk dapat menemukan cadangan baru minyak dan gas bumi. Oleh karena itu, dukungan tersebut dapat berupa penelitian yang dilaksanakan pada lapangan operasi PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PT.PHE-WMO) yaitu pada lapangan OPPI. Lapangan OPPI terletak di laut Jawa, bagian Utara Pulau Madura. Lapangan OPPI berada pada Cekungan Jawa Timur Utara dengan luas 11,66 x 5,18 Km2. Metode yang digunakakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan konsep seismik stratigrafi, yaitu dengan cara melakukan pemetaan bawah permukaan berdasarkan data seismik yang diintegerasikan dengan data log sumur, inti batuan (core), log lumpur (mudlog), dan petrografi. Penelitian dikhususkan pada Formasi Kujung-1, Lapangan OPPI, Cekungan Jawa Timur Utara. Formasi Kujung-1 diendapkan secara selaras di atas Formasi Kujung-2 selama transgresi berlangsung. Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian berupa sesar-sesar dengan arah timurlaut-baratdaya hingga timur-barat. Litologi yang dijumpai pada Formasi Kujung-1 berupa batugamping yang berumur Miosen Awal dengan litofasies berupa wackestone-packstone dan packstone-grainstone Batas sikuen pada bagian atas Formasi Kujung-1 berupa Sequence Boundary (SB). Berdasarkan penampang seismik pada Formasi Kujung-1, didapatkan tiga pola terminasi fasies seismik yang mencerminkan bahwa Formasi Kujung-1 terendapkan pada lingkungan laut dangkal (Outter Back Reef Lagoon – Inner Back Reef Lagoon) yaitu pola terminasi mounded yang mencerminkan fasies mound, pola terminasi paralel yang mencerminkan fasies inter mound, dan pola terminasi divergent yang mencerminkan fasies flank. Maka dapat diketahui bahwa distribusi fasies seismik pada Formasi Kujung-1 yaitu pada fasies mound terlampar dari arah barat-timur dengan luas 20,45 Km2, fasies flank yang relatif terbentuk di bagian selatan daerah telitian memiliki luas 15,23 Km2 serta fasies inter mound memiliki luas 24,76 Km2. Karakteristik reservoar pada Formasi Kujung-1 berada pada litofasies packestone-grainstone yang terdapat pada fasies seismik mound. Kata Kunci : Formasi Kujung-1, batugamping, mounded, parallel, divergent, transgresi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Oct 2018 05:04
Last Modified: 10 Oct 2018 05:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item