EVALUASI PERUBAHAN KUALITAS BATUBARA DARI PIT SAMPAI ROM STOCKPILE PT. MITRA MAJU GEMILANG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

AKBAR, FUAD FAUZI (2018) EVALUASI PERUBAHAN KUALITAS BATUBARA DARI PIT SAMPAI ROM STOCKPILE PT. MITRA MAJU GEMILANG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of IMG_20180925_0005.pdf]
Preview
Text
IMG_20180925_0005.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi.pdf]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

PT. Mitra Maju Gemilang (PT. MMG) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor pertambangan. Dalam penambangannya, PT. MMG melakukan pengawasan terhadap kualitas batubara untuk menjaga kualitas batubara agar sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Pengawasan terhadap perubahan kualitas batubara dilakukan dari pit sampai batubara di ROM Stockpile. Perubahan kualitas batubara dapat diketauhi berdasarkan hasil sampling batubara. Sampling batubara dilakukan di pit dan pada saat batubara sampai di ROM Stockpile.
Berdasarkan hasil analisis kualitas batubara, terjadi perubahan kualitas batubara dari pit sampai di ROM Stockpile :
a. Kandungan air total (ar) batubara pit 7 pada saat di pit sebesar 15,43 % dan pada saat di ROM Stockpile naik menjadi 17,12 %. Sedangkan kandungan air total (ar) batubara pit 13 east, pada saat di pit sebesar 13,48 % dan pada saat di ROM Stockpile sebesar 16,22 %.
b. Kandungan abu batubara (adb) pit 7 pada saat di pit sebesar 3,39 % dan pada saat di ROM Stockpile naik menjadi 6,16 %. Sedangkan kandungan abu batubara (adb) pit 13 east pada saat di pit sebesar 2,70 % dan pada saat di ROM Stockpile naik menjadi 5,63 %.
c. Nilai kalor batubara (ar) pit 7 pada saat di pit sebesar 5.987 Kkal/kg dan pada saat di ROM Stockpile turun menjadi 5.759 Kkal/kg. Sedangkan nilai kalor batubara (ar) untuk pit 13 east pada saat di pit sebesar 6.303 Kkal/kg dan pada saat di ROM Stockpile turun menjadi 5.998 Kkal/kg.
Oleh karena itu maka perlu dilakukan evaluasi teknis terhadap perubahan kualitas batubara dari pit sampai di ROM Stockpile agar standar kualitas batubara tetap terjaga.
Penyebab terjadinya perubahan kandungan air total disebabkan karena batubara yang telah terekspose tercemar air hujan, adanya air limpasan pada tumpukan batubara saat diloading dan air yang menggenang pada lantai dasar ROM Stockpile. Sedangkan perubahan kandungan abu disebabkan karena saat cleaning bagian roof dan floor kurang bersih, sisipan parting yang ikut terambil, debu yang berterbangan di area pit dan jalan hauling menuju ROM Stockpile.
Dari hasil pengamatan yang dilakukan, maka perlu dilakukan upaya-upaya agar perubahan kualitas batubara dapat diminimalisir, diantaranya yaitu batubara yang telah terekspose langsung diloading, batubara yang tergenang oleh air hujan dipompa terlebih dahulu, pembuatan paritan diatas loading point. Untuk meminimalisir kandungan abu diantaranya yaitu lebih bersih saat cleaning bagian roof, penyiraman air di area pit dan jalan hauling dari pit sampai ROM Stockpile.
Kata kunci : pengawasan, standar kualitas, perubahan kualitas, sampling, pit, ROM Stockpile

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengawasan, standar kualitas, perubahan kualitas, sampling, pit, ROM Stockpile
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:52
Last Modified: 05 Mar 2024 02:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item View Item