KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN GUNA MENURUNKAN DIGGING TIME ALAT GALI MUAT PADA PELEDAKAN OVERBURDEN DI LOKASI PIT D2 PT. SAPTAINDRA SEJATI JOBSITTE BINUNGAN PT. BERAU COAL PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

KEENLIE, MICHAEL (2018) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN GUNA MENURUNKAN DIGGING TIME ALAT GALI MUAT PADA PELEDAKAN OVERBURDEN DI LOKASI PIT D2 PT. SAPTAINDRA SEJATI JOBSITTE BINUNGAN PT. BERAU COAL PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi penggunaan rancangan geometri terhadap fragmen batuan Passing 80% dan digging time alat gali muat pada peledakan overburden batupasir dengan densitas batuan 2,43 gr/m3. Berdasarkan hasil pengamatan pada rancangan geometri saat ini dengan burden 9 m, spasi 9 m dan kedalaman lubang ledak 8 m ditemukan permasalahan terhadap hasil fragmen batuan yang belum sesuai kriteria, dengan ukuran fragmen batuan Passing 80% adalah 79,24 cm, digging time dari alat muat 13,03 detik dan rata-rata powder factor 0,24 kg/m3. Untuk memperoleh fragmen batuan yang lebih seragam maka dilakukan perbaikan geometri peledakan agar distribusi energi dapat terdistribusi secara merata sehingga dapat memperoleh fragmen batuan dan digging time yang lebih baik pada lokasi batu pasir (sandstone). Rancangan geometri peledakan yang menjadi usulan perbaikan fragmentasi adalah burden 8 m, spasi 9 m, stemming 3,5 m dan kedalaman lubang ledak 8 m. Dengan kolom isian bahan peledak adalah 4 m dan jumlah bahan peledak perlubang sebesar 163,2 Kg, dengan nilai powder factor 0,28 kg/m3. Penggunaan rancangan geometri peledakan usulan menghasilkan ukuran fragmen batuan yang baik dengan distribusi ukuran fragmen batuan Passing 80% adalah 39,93 cm dan rata-rata digging time 10,61 detik. Kata Kunci: digging time, fragmen batuan, geometri peledakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:51
Last Modified: 05 Oct 2018 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16759

Actions (login required)

View Item View Item