ANALISIS SEBARAN DEBU PARTIKULAT PM-10 DENGAN METODE PENGINDERAAN JAUH DI KAWASAN INDUSTRI PERTAMBANGAN KARONI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

SAPUTRA, IRFAN (2018) ANALISIS SEBARAN DEBU PARTIKULAT PM-10 DENGAN METODE PENGINDERAAN JAUH DI KAWASAN INDUSTRI PERTAMBANGAN KARONI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini dilakukan disalah satu Kawasan Pusat Industri pertambangan Nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil kajian pustaka menunjukkan adanya potensi penurunan kualitas udara di sekitar lokasi penelitian. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan adanya potensi asbes yang terkandung pada batuan ultrabasa. Olehnya itu kawasan ini perlu untuk dikaji akan keberadaan mineral asbes dan bagaimana sebaran partikel debunya. Penelitian ini menggunakan analisis citra untuk mengidentifikasi tutupan lahan yang dilanjutkan dengan analisis sebaran partikel debu dengan menggunakan data Landsat 8. Adapun untuk mendeteksi kandungan mineral asbes dilakukan uji SEMEDX. Hasil uji SEM-EDX kemudian dapat digunakan untuk memetakan sumber potensi mineral asbes dengan gambaran formasi batuan yang di lakukan dengan analisis citra. Hasil analisis tutupan lahan menunjukkan adanya penurunan luas kawasan hutan yang menjadi wind block antara kawasan pabrik dan area pemukiman penduduk. Hasil uji laboratorium SEM-EDX pada sampel tanah dan batuan di sekitar lokasi penelitian menunjukkan adanya kandungan mineral asbes dan sebarannya ditemukan di area jalan tani dan jalan tambang. Adapun analisis paparan debu, dari hasil pengukuran lapangan menunjukkan angka yang memenuhi standar baku mutu yaitu 1,8 hingga 2 μg/m3. Dari hasil tersebut perlu untuk dikaji kembali karena adanya kandungan mineral asbes yang tergolong dalam limbah B3 yang bersifat kasinogen. Sementara itu, paparan debu dari hasil anlisis data citra menunjukkan sumber debu partikulat PM-10 berasal dari jalan poros, jalan tambang dan bukan berasal dari aktifitas pabrik smelter nikel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:39
Last Modified: 19 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16521

Actions (login required)

View Item View Item