PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST (STUDI PADA KONSUMEN TENUN IKAT “ARIMBI” KABUPATEN SRAGEN)

Panglipurningrum, Yofhi Septian and Sulistiyani, Reny Dwi and Dewi, Septiana Novita (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST (STUDI PADA KONSUMEN TENUN IKAT “ARIMBI” KABUPATEN SRAGEN). Buletin Ekonomi, 16 (1). pp. 69-80. ISSN 1410-2293

[thumbnail of Apr 2018 6 be upnyk.pdf]
Preview
Text
Apr 2018 6 be upnyk.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Abstract: Effect of Product and Price Quality on Consumer Buying Interests
Mediated by Brand Image and Brand Trust (Study on Consumers of Ikat
"ARIMBI" in Sragen Regency). The development of fashion design in this
modern era has experienced a very rapid development, even consumers' buying
interest has shifted to modern designs and most of them forget about traditional
products one of which is ikat weaving. Sragen Regency has a weaving industry
that has been started since 2012. Typical Sragen woven fabric "Arimbi". Is one of
the many traditional woven fabric products similar in Indonesia. Looking at this
phenomenon, the research team proposed research related to the role of brand
image and brand trust as a mediating variable between product quality and price
to consumer buying interest, this was intended to make the weaving industry
know what factors were causing consumers' interest in buying crafts. "ARIMBI"
woven cloth is one of the superior products of Sragen Regency. The population in
this study were consumers who wore "Arimbi" weaving in Sragen Regency. In
this study the number of consumers using woven fabric "Arimbi: not known with
certainty so to calculate the minimum number of samples needed using the
Lemeshow formula with a sample of 150 respondents. The sampling technique in
this study using convenience sampling with the analysis method used is path
analysis (path analysis). The results of this study indicate that product quality has
a significant effect on brand image. Prices have a significant effect on brand
image. Product quality has a significant effect on brand trust. Prices have a
significant effect on brand trust. Product quality has a significant effect on buying
interest. Prices have a significant effect on buying interest. Brand image has a
significant effect on buying interest. Brand trust has a significant effect on buying
interest. Path Analysis Results: the effect of product quality and price on buying
interest through brand image is smaller than the direct effect so that the most
effective path is direct path. The effect of product quality and price on buying
interest through brand trust is less than the direct influence so that the most
effective pathway is the direct path. Product quality variables are the most
dominant variables in influencing consumers' buying interest of "Arimbi" Ikat
Weaving in Sragen Regency.Abstrak: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli
Konsumen yang di Mediasi oleh Brand Image dan Brand Trust (Studi pada
Konsumen Tenun Ikat “ARIMBI” Kabupaten Sragen). Perkembangan desain
fashion di era modern ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat,bahkan minat beli konsumen telah bergeser ke desain modern dan sebagian besar
dari mereka melupakan produk tradisional salah satunya adalah tenun ikat.
Kabupaten Sragen memiliki industri tenun yang sudah dimulai sejak 2012. Kain
tenun Sragen Khas "Arimbi". Merupakan salah satu dari banyak produk kain
tenunan tradisional yang sejenis di Indonesia. Melihat fenomena ini, tim peneliti
mengusulkan penelitian yang berkaitan dengan peran citra merek dan
kepercayaan merek sebagai variabel mediasi antara kualitas produk dan harga
dengan minat beli konsumen, ini dimaksudkan untuk membuat industri tenun
tahu faktor apa yang menyebabkan minat konsumen. dalam membeli kerajinan.
Kain tenun "ARIMBI" adalah salah satu produk unggulan Kabupaten Sragen.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai tenun "Arimbi" di
Kabupaten Sragen. Dalam penelitian ini jumlah konsumen menggunakan kain
tenun "Arimbi: belum diketahui secara pasti sehingga untuk menghitung jumlah
minimum sampel yang dibutuhkan menggunakan rumus Lemeshow dengan
sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan convenience sampling dengan metode analisis. yang digunakan
adalah analisis jalur (path analysis) .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek. Harga
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek. Kualitas produk
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan merek. Harga memiliki
pengaruh yang signifikan pada kepercayaan merek. Kualitas produk memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Harga memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap minat beli. Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat beli. kepercayaan merek memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat beli. Hasil Analisis Jalur: efek kualitas produk dan harga pada
minat beli melalui citra merek lebih kecil daripada efek langsung sehingga jalur
yang paling efektif adalah jalur langsung pengaruh kualitas produk dan harga
terhadap minat beli melalui kepercayaan merek lebih kecil daripada pengaruh
langsung sehingga jalur yang paling efektif adalah jalur langsung. Variabel
kualitas produk merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi
minat beli konsumen "Arimbi" Tenun Ikat di Kabupaten Sragen
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Minat
Beli.

Item Type: Article
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: SRI SULTAN -
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:24
Last Modified: 14 Sep 2018 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item