INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN LURIK PRASOJO

Nugraheni, Riana (2018) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN LURIK PRASOJO. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.COVER FIX.pdf]
Preview
Text
1.COVER FIX.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 2.pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.pengesahan.pdf

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 3.persetujuan.pdf]
Preview
Text
3.persetujuan.pdf

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of DAFTArR ISsI.pdf]
Preview
Text
DAFTArR ISsI.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 5.ABSTRAK FIX.pdf]
Preview
Text
5.ABSTRAK FIX.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis dengan menggunakan media sosial bertumbuh
sangat pesat. Hal itu berdampak pada semakin banyaknya kreativitas untuk
melakukan promosi produk yang dipasarkan. Salah satu promosi yang marak
akhir-akhir ini, promosi menggunakan media sosial instgram. Salah satu yang
menggunakan instagram sebagai media promosi adalah Lurik Prasojo. Lurik
Prasojo merupakan usaha yang bergerak di bidang fashion yang mengangkat kain
tradisional lurik sebagai produk andalan mereka. Untuk melakukan promosi,
Lurik Prasojo menggunakan teori New Media. Teori ini erat kaitannya dengan
perkembangan teknologi komunikasi salah satunya yaitu media sosial yang pada
zaman modern ini menjadi salah satu media komunikasi manusia yang popular.
Lurik Prasojo menggunakan media instagram untuk meningkatkan penjualan
produk mereka. Promosi online yang dilakukan Lurik Prasojo dengan
menggunakan instagram dikelola oleh staff online yang bertugas untuk
memberikan informasi dan merespon konsumen yang tertarik dengan produk yang
dipasarkan. Kegiatan promosi untuk menarik minat konsumen diperlukan strategi
yang berkonsep seperti mengunggah foto produk yang difoto dengan
menggunakan tema dan tujuan tertentu, contohnya produk untuk bepergian ala
wanita karir. Hal itu menjadikan produk yang diunggah banyak dilihat oleh
pengguna instagram dan akan tertarik membeli produk tersebut. Foto-foto yang
diunggah tidak lepas dari fitur-fitur yang terdapat di instgram dengan tujuan
membuat produk lebih menarik, fitur-fitur tersebut ialah unggah foto, komentar,
followers, insta story, direct message. Melalui instagram pemilik Lurik Prasojo
dapat mengobservasi dan mengavaluasi apa saja yang menjadi keinginan dan
kebutuhan dari konsumen dan akan menjawabnya dengan menyediakan produk
yang sesuai dengan keinginan konsumen tersebut. Dibuktikan dengan
meningkatnya penjualan produk Lurik Prasojo di bulan Juli dimana Lurik Prasojo
meningkatkan aktivitasnya di insgtaram, maka pada bulan itu terjadi peningkatan
penjualan produk dari Lurik Prasojo. Strategi promosi menggunakan media sosial
instagram mengalami peningkatan yang signifikan pada bulan Juli 2017 setelah
memposting 77 produk dan mengalami peningkatan dari Rp. 320.0000.000
menjadi Rp. 410.000.000.
Kata Kunci : Instagram, Startegi Promosi, Fitur-Fitur Instagram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:18
Last Modified: 07 Sep 2018 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item