APLIKASI MONITORING REKLAME MENGGUNAKAN QR CODE DENGAN METODE HAVERSINE FORMULA (Studi Kasus : BPKD Klaten)

Setyawan, Muhammad Sidhiq (2018) APLIKASI MONITORING REKLAME MENGGUNAKAN QR CODE DENGAN METODE HAVERSINE FORMULA (Studi Kasus : BPKD Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
HALAMAN_JUDUL.PDF

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam upaya meningkatkan PAD salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Klaten adalah menyerap dari sektor Pajak Daerah dan Retribusi. Pajak Reklame sebagai salah satu sumber Pendapatan Daerah yang berpotensi dan apabila pemungutanya dilakukan secara efisien, efektif dan seluruh potensinya dapat tergali dengan baik. Pemerintah Kabupaten Klaten khususnya BPKAD yang mengurusi pajak reklame saat ini masih secara manual dalam memonitoring reklame, sehingga proses monitoring belum efisien dan belum maksimal dalam pengerjaanya. Selain itu dalam pengerjaan monitoring pihak BPKAD membutuhkan validasi setiap pegawai lapangan dalam mengerjakan tugas, hal ini dibutuhkan agar data yang masuk untuk BPKAD bisa diakui kebenarannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membantu proses monitoring reklame dengan lebih efisien dan tervalidasi. Penelitian ini melalui beberapa tahap, setelah menetapkan masalah dan tujuan dilakukan pengumpulan data titik reklame dan data pendukungnya serta informasi yang dibutuhkan pada saat perancangan. Setelah meninjau pustaka, digunakan Google Maps sebagai peta digital yang menyediakan API, dan menggunakan Rest API sebagai penghubung antara aplikasi website dengan aplikasi android. Selanjutnya dilakukan pengujian fungsional dan non-fungsional sehingga dapat dilakukan analisa untuk mendapatkan kesimpulan Pada hasil akhir penelitian ini, didapatkan bahwa aplikasi monitoring berbasis web yang mengolah informasi reklame dibuat dengan teknologi CodeIgniter, QR Code dan Google Maps dan aplikasi android yang digunakan untuk melakukan laporan dan menampilkan informasi reklame dibuat dengan teknologi IonicJS dan metode haversine formula. Aplikasi monitoring reklame telah berhasil dijalankan oleh admin yang bertanggung jawab mengelola informasi reklame dan member yang bertanggung jawab dalam melakukan laporan reklame. Hasil penelitian bersifat efisien, efektif dan akurat untuk membantu BPKAD dalam melakukan monitoring. Kata kunci: Reklame, Monitoring, Website, Android, Haversine formula

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:41
Last Modified: 29 Aug 2018 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16251

Actions (login required)

View Item View Item