ANALISIS INTEGRASI SEISMIK ATRIBUT DAN SEKATAN SESAR UNTUK MENGURANGI KETIDAKPASTIAN DALAM MELAKUKAN PENAMBAHAN SUMUR BARU INTEGRATED SEISMIC ATTRIBUTE AND FAULT SEAL ANALY SIS TO REDUCE THE UNCERTAINTY IN PROPOSING NEW PRODUCTION WELL

Yudhanto, Tony Yunus (2018) ANALISIS INTEGRASI SEISMIK ATRIBUT DAN SEKATAN SESAR UNTUK MENGURANGI KETIDAKPASTIAN DALAM MELAKUKAN PENAMBAHAN SUMUR BARU INTEGRATED SEISMIC ATTRIBUTE AND FAULT SEAL ANALY SIS TO REDUCE THE UNCERTAINTY IN PROPOSING NEW PRODUCTION WELL. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak Skripsi - Tony Yunus (115140010).pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover Skripsi - Tony Yunus (115140010).pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan Skripsi - Tony Yunus (115140010).pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi Skripsi - Tony Yunus (115140010).pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Cekungan Gulf Coast sudah memiliki 17 sumur eksplorasi yang dilakukan, hanya 11 sumur yang sukses hingga produksi. Salah satu permasalahan yang terjadi yaitu reservoar yang terpisahkan oleh sesar, karena rekahan pada bidang sesar dapat membantu migrasinya hidrokarbon. Daerah yang memiliki rezim tektonik pasif meningkatkan suplai sedimen yang besar dan menyebabkan banyak berkembangnya sesar. Semakin banyak daerah tersebut terpegaruh oleh tekanan dari permukaan maka semakin memungkinkan hidrokarbon lebih cepat untuk bermigrasi. Daerah penelitian berada disekitar Teluk Meksiko dengan memiliki tektonik ekstensional dengan arah baratlaut – tenggara. Data yang digunakan berupa seismik 3D, data sumur, tekanan dan densitas hidrokarbon. Atribut similarity digunakan untuk mengetahui sebaran sesar. Atribut instantaneous frequency dipergunakan sebagai analisis sebaran hidrokarbon / direct hydrocarbon index yang terpisahkan oleh bidang sesar dan trace envelope dipergunakan untuk mengetahui deliniasi reservoar. Atribut shale gouge ratio dan shale smear factor dipergunakan untuk mengetahui sifat sealing / leaking dari sesar. Atribut hydrocarbon column height mampu mengetahui estimasi ketahanan suatu sesar untuk menahan reservoar dengan ketebalan tertentu. Analisis struktur yang menjadi studi berarah timur – barat dengan sesar utama baratdaya – timurlaut, diketahui dengan atribut similarity dengan nilai 0,9 hingga 1,1. Sebaran hidrokarbon terlihat dengan atribut instantaneous frequency (-0,06 hingga -10 Hz) dan trace envelope (4,9 – 5,5). Analisis sekatan sesar menghasilkan nilai atribut sesar shale gouge ratio (60 – 70%, sealing fault), shale smear factor (1,5 – 2,5, sealing fault) dan hydrocarbon column height (196,9 – 224 meter). Integrasi atribut yang telah dilakukan menunjukan bahwa rezim tektonik pasif sangat berpengaruh dalam migrasi hidrokabon dengan faktor subsidance sangat besar dan tersekat pada sesar. Kata kunci: Sesar, Atribut Seismik, Shale Gouge Ratio, Shale Smear Factor, Hydrocarbon Column Height.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:55
Last Modified: 21 Aug 2018 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16200

Actions (login required)

View Item View Item