RENCANA REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG RAKYAT PASIR DAN BATU DI BANTARAN SUNGAI OPAK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SIBARANI, DAVID ROLANDO P (2018) RENCANA REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG RAKYAT PASIR DAN BATU DI BANTARAN SUNGAI OPAK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kegiatan penambangan pasir dan batu yang dikelola masyarakat di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta banyak yang belum mempunyai ijin penambangan rakyat (IPR) dan berpotensi untuk merusak lingkungan serta tidak memperhatikan keselamatan kerja. Lahan yang semula dapat ditanami berubah menjadi lahan yang tidak subur, banyak dijumpai lubang bekas galian serta tebing yang memiliki kemiringan lereng relatif tegak dan menyebabkan rawan terjadi runtuhan. Kondisi ini sudah dibiarkan begitu saja oleh pemilik lahan sejak tahun 2010. Kerusakan lingkungan tersebut menyebabkan terjadinya perubahan fungsi lahan menjadi kurang produktif dan rawan longsor. Berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor 63 Tahun 2003 tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C Di Wilayah Propinsi DIY lahan tersebut berbobot nilai 57 yaitu dalam kondisi tingkat kerusakan berat, maka dari itu perlu dilakukan reklamasi untuk menurunkan tingkat bahaya erosi yang terjadi. Rencana reklamasi yang akan dilakukan mencakup penataan lahan, pengendalian erosi dan sedimentasi, serta revegetasi dan pemeliharaan. Penataan lahan dilakukan untuk menyiapkan lahan menjadi lahan siap tanam dengan tanamannya yaitu tanaman kopi. Penataan lahan dilakukan dengan menggunakan backhoe KOMATSU PC300 sebanyak 5 buah dan dump truck HINO DUTRO sebanyak 3 buah. Sedangkan utuk tanaman cover crop yang dipilih adalah Centrosema Pubescens. Selanjutnya pada perencanaan reklamasi, akan dilakukan revegetasi dengan jumlah total tanaman kopi sebanyak 1.620 tanaman. Penanaman dilakukan bersamaan dengan pengelolaan tanah pucuk selama 3 hari. Pemeliharaan tanaman kopi dilakukan dengan penyulaman, pemupukan, pemangkasan pohon dan penyiangan gulma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:07
Last Modified: 16 Aug 2018 03:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16180

Actions (login required)

View Item View Item