TUGAS AKHIR “Menghitung Efisiensi Stripping dan Efisiensi Transfer Panas pada HP Stripper di Unit Urea Operasi Pabrik 4 PT. Pupuk Kalimantan Timur”

Chakti, Musthafa Panji (2018) TUGAS AKHIR “Menghitung Efisiensi Stripping dan Efisiensi Transfer Panas pada HP Stripper di Unit Urea Operasi Pabrik 4 PT. Pupuk Kalimantan Timur”. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam sintesa urea tidak semua reaktan terkonversi menjadi urea. Ada sebagian reaktan yang tidak terkonversi ikut bersama dengan larutan hasil reaktor. Alat High Pressure Stripper berfungsi untuk mendekomposisi kembali senyawa Amonium Karbamat menjadi reaktannya kembali, sehingga dapat digunakan lagi sebagai umpan masuk reaktor. Oleh karena itu alat ini merupakan alat yang penting dalam pabrik urea. Tujuan dibuatnya laporan tugas akhir ini untuk mengevaluasi kinerja alat HP stripper, dengan menghitung neraca massa, neraca panas dan menghitung Efisiensinya. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung neraca massa dan neraca panas dari alat itu sendiri. Data aktual dari lapangan dan data hasil analisa laboratorium digunakan sebagai bahan untuk menghitung neraca massa, neraca panas dan efisiensi. Selain itu, data dari desain pabrik juga digunakan sebagai pembanding. Dengan demikian dapat diketahui penurunan efisiensi alat yang sebenarnya. Dari penelitian ini didapat hasil neraca massa input dan output dengan nilai yang sama, yaitu sebesar 228990,54 kg. Neraca panas input 368732000,30 kJ, dan panas output 263975706,14 kJ. Selain itu, didapat pula nilai Efisiensi Stripping sebesar 59,28 % serta Efisiensi Transfer Panas sebesar 72 %. Kata kunci : HP Stripper, Evaluasi, Efisiensi, Neraca Massa, Neraca Panas. . .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:07
Last Modified: 31 Jul 2018 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item