PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DALAM MEMENUHI HAK ANAK-ANAK BERDASARKAN UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHTS OF THE CHILDREN (UNCRC) DI INDONESIA

CONGGO, LEONY ISABELLA (2018) PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DALAM MEMENUHI HAK ANAK-ANAK BERDASARKAN UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHTS OF THE CHILDREN (UNCRC) DI INDONESIA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRACT.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Hak Anak merupakan sebuah hak kemanusiaan yang ditujukan kepada anak-anak yang diajukan oleh masyarakat global untuk menyelamatkan anak-anak yang terlantar akibat terjadinya Perang Dunia. Hak anak kemudian dipatenkan dalam bentuk Konvensi Hak Anak-Anak (UNCRC). Isu hak anak ini, ditangani tidak hanya oleh pemerintah suatu negara tetapi juga beberapa organisasi internasional. Contohnya adalah SOS Children’s Village. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan SOS Children’s Village dalam menangani kasus hak anak dan mendorong pemenuhan hak anak kepada anak-anak di Indonesia, dan juga untuk mengetahui apakah peranan SOS Children’s Village sudah sesuai dengan UNCRC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriprif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka serta menggunakan teknik analisa data deskriptif yang menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh peran-peran yang dilakukan SOS Children’s Village dalam mendorong pemenuhan hak anak di Indonesia dan mengetahui apakah peranan tersebut telah sesuai dengan yang tertulis di UNCRC. Kata Kunci: Hak Anak, SOS Children’s Village, Indonesia, UNCRC, Peran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jul 2018 03:01
Last Modified: 24 Jul 2018 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15810

Actions (login required)

View Item View Item