STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASI LAYANAN RSUD BAGAS WARAS KLATEN (Studi Deskriptif Kualitatif RSUD Bagas Waras Klaten dalam Sosialisasi Layanan Penunjang Medis)

Febriyani, Darista Fitri (2018) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASI LAYANAN RSUD BAGAS WARAS KLATEN (Studi Deskriptif Kualitatif RSUD Bagas Waras Klaten dalam Sosialisasi Layanan Penunjang Medis). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Sampai saat ini rumah sakit yang ada di Kabupaten Klaten semakin banyak, sehingga semakin terbuka juga persaingan antar rumah sakit yang sejenis baik rumah sakit negeri maupun swasta. Salah satu rumah sakit yang ada di Kabupaten Klaten adalah RSUD Bagas Waras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Marketing Public Relations RSUD Bagas Waras dalam sosialisasi layanan serta menggunakan konsep Pemasaran Jasa dan Marketing Public Relations Proaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi deskriptif dimana peneliti memperoleh data primer dengan melakukan wawancara dan observasi, sedangkan untuk data sekunder dengan analisis dokumen yakni dokumen pribadi yang didapatkan saat observasi yang berupa gambar atau dengan dokumen arsip. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait, melakukan observasi langsung di beberapa lokasi. Hasil dalam penelitian ini adalah RSUD Bagas Waras menggunakan strategi Marketing Public Relations dalam sosialisasi layanan. RSUD Bagas Waras menggunakan strategi Marketing Public Relations seperti, leaflet, brosur, talkshow, radio, pengobatan gratis, papan-papan baliho, banner, spanduk dan bekerjasama dengan puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Klaten dengan target masyarakat khususnya pasien. Strategi yang digunakan dalam sosialisasi layanan harus sesuai dengan SOP dan tidak menggunakan sosialisasi yang negatif yang dapat memicu keresahan masyarakat. Peneliti juga mendapatkan hasil bahwa jumlah SDM yang tidak mencukupi, waktu dan anggaran yang terbatas menjadi hambatan dalam sosialisasi layanan. Analisis mengenai bagaimana strategi Marketing Public Relations yang digunakan diharapkan kedepannya dapat memberikan manfaat bagi RSUD Bagas Waras. Kata kunci: Marketing Public Relations, rumah sakit, sosialisasi layanan ABSTRACT The amount of hospitals in Klaten keeps growing as time goes by, it makes the competition between public and private hospitals tighter as well. One of the hospital that is located in the Klaten is RSUD Bagas Waras. The purpose of this research is to discover the Marketing Public Relations strategy of RSUD Bagas Waras in socializing the services along with using the services marketing concepts and Proactive Marketing Public Relations. This research uses qualitative research methods and descriptive studies as the types of the research in which researchers obtain primary data by conducting interviews and observation, whereas for the secondary data is obtained by analysing document i.e. personal documents that were obtained from the observation in form of pictures or archives. Conducting interviews with related parties and doing direct observation in some locations were done as the data collecting techniques. The results in this study discovered that RSUD Bagas Waras is using Marketing Public Relations strategy in socializing their services. RSUD Bagas Waras use Marketing Public Relations strategy such as leaflets, brochures, talk show, radio, free medical treatment, the boards of billboards, banners and in cooperation with clinics in Klaten. The strategies that were used in socializing services should be in accordance with SOP and not using the negative socialization that could trigger unrest in society. Researchers also discovered that the insufficient number of human resources, the limited time and budget become the obstacles in socializing the services. The analysis on Marketing Public Relations strategy that is being used are expected to provide benefits for RSUD Bagas Waras. Keywords: Marketing Public Relations, hospital, socializing services.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:57
Last Modified: 23 Jul 2018 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15780

Actions (login required)

View Item View Item