PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MULTI ITEM UNTUK MEMINIMALKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN (Studi Kasus Di UKM Azka Pratama, Condong Catur, Sleman Yogyakarta)

Aisyiah, Desta (2018) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MULTI ITEM UNTUK MEMINIMALKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN (Studi Kasus Di UKM Azka Pratama, Condong Catur, Sleman Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UKM Azka Pratama merupakan salah satu unit usaha yang memproduksi sendal hotel di Yogyakarta. Bahan baku utama yang digunakan adalah spons sendal yang terdiri dari berbagai warna dan jenis ketebalan yang bervariasi. UKM seringkali mendapatkan penambahan order di luar kontrak kerja yang dapat mengakibatkan kurangnya persediaan bahan baku. Selain itu pemesanan bahan baku yang terlalu sering dengan biaya pemesanan yang tinggi dikhawatirkan dapat membuat tingginya biaya persediaan. Oleh sebab itu perlu adanya perbaikan perencanaan persediaan bahan baku yang tepat dengan biaya persediaan yang minimal agar UKM dapat menerima dan menyelesaikan pesanan dari pelanggan tepat waktu. Penelitian ini membahas tentang perencanaan persediaan bahan baku multi item untuk meminimalka total biaya persediaan menggunakan teknik Lot Sizing dengan metode Least Unit Cost (LUC). Selanjutnya dilakukan perbandingan dari hasil yang telah didapatkan dengan kebijakan pemesanan yang telah dilakukan. Hasil tersebut dijadikan dasar untuk mendapatkan waktu pemesanan yang optimal dengan total biaya pemesanan yang minimum. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, metode LUC dengan memperhatikan kapasitas gudang menjadi metode yang terpilih untuk perencanaan persediaan bulan Januari s/d April 2018. Dengan pemesanan bahan baku sebanyak 3 kali yaitu pada minggu ke-1, ke-7, dan ke-12. Ongkos satuan per unit minimum yang dihasilkan ialah sebesar Rp 475,00 yang mencakup periode ke-1 s/d periode ke-6 dengan ukuran lot terpilih sebagai ukuran yang ekonomis yaitu sebanyak 4000 lembar. Kata kunci: Persediaan, Lot Sizing, Multi Item, Least Unit Cost (LUC)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:06
Last Modified: 19 Jul 2018 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item