Hidayat, Asep Tofiq (2018) POLITICAL MARKETING PILKADA SERENTAK 2015 KABUPATEN SLEMAN Studi Kasus: Strategi Pemenangan Pasangan Calon Sri Purnomo dan Sri Muslimatun. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Dalam pilkada serentak di Kabupaten Sleman tahun 2015 yang lalu ada dua pasangan calon yang bertarung untuk memperebutkan posisi orang nomor satu di Kabupaten Sleman. Kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon “santun” tidak lepas dari peran tim sukses dari pembuatan ide-ide kreatif, cara-cara pendekatan terhadap para calon pemilh, hingga bagaimana cara memperkuat positioning pasangan calon tersebut. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana marketing sangat berperan dalam dunia politik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan pasangan calon “santun” dalam mendulang suara dari para pemilih. Metode yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mengetahui fenomena tentang yang dialami objek penelitian holistik dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan metode alamiah. Hasil dari penelitian adalah mengetahui bagaimana proses marketing politik yang dilakukan oleh pasangan calon “santun” dari proses marketing hingga strategi pendekatan pasar pada saat kampanye berlangsung. Kemenangan yang diperoleh pasangan calon “santun” tidak didapat dengan mudah, mereka harus melakukan kunjungan ke tiap kecamatan hingga desa-desa di Kabupaten Sleman. Pasangan calon “santun” juga merangkul tokoh, kelompok atau organisasi berpengaruh di Kabupaten Sleman seperti; partai politik, ormas, dan kelompok supporter sepak bola yang ada di Kabupaten Sleman. Faktor lain yang mempengaruhi kemenangan pasangan calon tersebut adalah faktor jabatan yang dimiliki oleh Sri Purnomo sebagai calon yang masih menjabat sebagai bupati Sleman pada periode sebelumnya, jadi kemenangan ini menjadikan Sri Purnomo sebagai bupati Kabupaten Sleman dalam dua periode. Kata kunci: Kampanye, Pilkada, Strategi Marketing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 05:02 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 05:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15727 |
Actions (login required)
View Item |