SISTEM INFORMASI e-SEMINAR DAN WORKSHOP BERBASIS DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA DAN FUNGSI SHA-256 SEBAGAI DIGITAL SIGNATURE (KASUS : UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

Panuntun, Abdan Bagus (2018) SISTEM INFORMASI e-SEMINAR DAN WORKSHOP BERBASIS DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA DAN FUNGSI SHA-256 SEBAGAI DIGITAL SIGNATURE (KASUS : UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seminar dan workshop merupakan kegiatan yang selalu diadakan di lingkungan kampus UPN “Veteran” Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya kegiatan seminar dan workshop di UPN “Veteran” Yogyakarta belum memanfaatkan teknologi informasi. Sistem penyelenggaraan yang berjalan di lingkungan kampus masih bersifat konvensional dan memiliki beberapa kekurangan diantaranya, pada proses pendaftaran, presensi, distribusi materi dan distribusi sertifikat. Penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan seminar dan workshop dapat menanggulangi kekurangan tersebut. e-Seminar, e-Workshop, dan e-Sertifikat adalah perwujudan penerapan teknologi informasi dalam lingkup kegiatan seminar dan workshop. Penggunaan Digital Signature juga perlu diwujudkan guna menggantikan fungsi tanda tangan sebagai bukti keabsahan dokumen. Digital Signature adalah ekripsi yang digunakan sebagai pendamping dokumen, berfungsi untuk autentikasi dokumen. Untuk membangkitkan digital signature menggunakan algoritma RSA dan fungsi SHA-256. Algoritma RSA merupakan sistem kriptografi kunci-publik yang terpopuler karena merupakan sistem pertama yang sekaligus dapat digunakan untuk key distribution, confidentiality dan digital signature. Sedangkan fungsi SHA-256 adalah fungsi hash pengganti SHA-0. SHA-256 adalah fungsi hash yang sampai sekarang masih sulit untuk dipecahkan. Katakunci : Seminar, Workshop, Algoritma RSA, SHA-256

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:57
Last Modified: 17 Jul 2018 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item