RANCANGAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG TERBUKA PADA PIT 4 DI PT. JUYA ACEH MINING KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI ACEH

MAULANA, ANGGA (2018) RANCANGAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG TERBUKA PADA PIT 4 DI PT. JUYA ACEH MINING KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI ACEH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR-DAFTAR TABEL.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3, ABSTRACT.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian dilakukan pada pit 4 PT. Juya Aceh Mining. Pit ini berlokasi di Desa Ie Mierah, Kecamatan Babah roat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Kegiatan Penambangan Bijih Besi di PT. Juya Aceh Mining menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode Open Pit. Sistem penyaliran yang digunakan adalah mine dewatering dan mine drainage. Sumber air berasal dari air hujan dan air limpasan dibiarkan mengalir masuk kedalam Ceruk, kemudian dikeluarkan dengan cara pemompaan. Saat musim hujan di PT. Juya Aceh Mining sering terjadi genangan dan luapan air di lantai dasar tambang dikarenakan volume air hujan dan air limpasan yang masuk kedalam lokasi tambang cukup besar, serta untuk mengeringkan genangan air tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu perlu adanya Rancangan terhadap sistem penyaliran tambang di PT. Juya Aceh Mining. Berdasarkan analisis data curah hujan tahun 2005 – 2014, diperoleh curah hujan rencana adalah 204,93 mm/hari, intensitas curah hujan 38,51 mm/jam dengan periode ulang hujan 3 tahun dan resiko hidrologi sebesar 91,22 %. Luas daerah tangkapan hujan pada lokasi penelitian jadi dua daerah tangkapan hujan, sebagai berikut: DTH I = 0,028 Km², dan DTH II = 0,063 Km². Debit air limpasan pada setiap daerah tangkapan hujan sebagai berikut: DTH I = 0,25 m³/detik, dan DTH II = 0,62 m³/detik Untuk mencegah supaya air tidak masuk ke area penambangan maka di buat saluran terbuka di sekitar jalan sebelum masuk Pit tambang. Kemudian untuk air yang masuk kedalam bukaan tambang pit 4 di alirkan secara alami kedalam Ceruk. Dimensi saluran terbuka adalah sebagai berikut: Saluran : (Timur Pit 4): a = 0,53 m; b = 0,52 m; B = 0,96 m; h = 0,55 m; Volume Ceruk dihitung berdasarkan jumlah air yang masuk dan debit pemompaan. Ceruk pit 4 menggunakan 1 pompa Multiflo MFC-160 dengan debit total 208 m3/jam dan volume Ceruk 4921,38 m³. Selanjutnya air pada Ceruk dipompa menuju kolam pengendapan. Kolam pengendapan mampu mengendapkan 75,99% dari total padatan tersuspensi yang ada, waktu pengerukan kolam pengendapan adalah 1 bulan 23 hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jul 2018 04:14
Last Modified: 16 Jul 2018 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item