IDENTIFIKASI SEBARAN RESERVOAR MENGGUNAKAN METODE EXTENDED ELASTIC IMPEDANCE (EEI) DAN COLORED INVERSION PADA LAPANGAN “RG”. CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA

Gustiana, Rahayu (2018) IDENTIFIKASI SEBARAN RESERVOAR MENGGUNAKAN METODE EXTENDED ELASTIC IMPEDANCE (EEI) DAN COLORED INVERSION PADA LAPANGAN “RG”. CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Analisa karakterisasi reservoir sangat diperlukan dalam tahapan eksplorasi minyak dan gas bumi. Lapangan “RG” merupakan lapangan eksplorasi yang berada pada Cekungan Jawa Barat Utara. Tujuan dari aplikasi metode inversi Extended Elastic Impedance (EEI) ini adalah untuk mengidentifikasi reservoar batupasir formasi Talang Akar yang memiliki ketebalan dibawah resolusi seismik. Penelitian ini melakukan pengolahan Colored Seismic Inversion (CSI) untuk mendapatkan model reservoar pada bawah permukaan. Metode EEI dipilih kerena Acoustic Impedance (AI) dan Elastic Impedance (EI) memiliki keterbatasan untuk membedakan efek litologi. Dengan dilakukannya pengukuran kecepatan gelombang S (Vs) pada sumur, parameterparameter pada sumur serta beberapa turunan parameter fisik seperti Vp/Vs, poisson’s’s ratio, lambda-rho, dan densitas diharapkan dapat disimulasi menggunakan metode inversi EEI. EEI memiliki jangkauan sudut yang lebih luas memiliki kesamaan dengan atribut tertentu. Pada penelitian ini crossplot yang dilakukan pada sumur menunjukkan bahwa Vp/Vs dapat membedakan reservoar batupasir dengan batuan shale. Metode Colored Seismic Inversion (CSI) digunakan untuk melihat sebaran reservoar menggunakan parameter sensitif pada sumur secara lateral pada seismik. Sehingga didapatkan sudut reflektifitas sebesar 31o , 40o dan 41o. Nilai Vp/Vs untuk reservoar batupasir berkisar antara 1.88 unitless sampai dengan 2.06 unitless. Hasil pesebaran reservoar batupasir pada Lapangan “RG” menunjukan batupasir dengan fasies lingkungan pengendapan delta. Kata kunci: batupasir, Colored Seismic Inversion, Extended Elastic Impedance, Vp/Vs.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:40
Last Modified: 11 Jul 2018 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item