SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA ULAR MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER (STUDI KASUS GEMBIRA LOKA ZOO)

Jati, Galih Anggoro (2018) SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA ULAR MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER (STUDI KASUS GEMBIRA LOKA ZOO). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sistem pakar dapat berfungsi sebagai konsultan yang memberi saran kepada pengguna sekaligus sebagai asisten bagi pakar. Salah satu cara untuk mengatasi dan membantu mendeteksi penyakit pada ular, yaitu dengan membuat sebuah sistem pakar sebagai media konsultasi dan monitoring terhadap penyakit pada ular sehingga dapat mendeteksi penyakit pada ular sehingga dapat mencegah keterlambatan penanganan yang dapat memperburuk keadaan ular. Pada penelitian ini dibuatlah sebuah sistem yang dapat mendiagnosa penyakit pada ular menggunakan metode Demptser-Shafer. Metode Dempster-Shafer merupakan metode penalaran non monotonis yang digunakan untuk mencari ketidakkonsistenan akibat adanya penambahan maupun pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada, sehingga metode Dempster-Shafer memungkinkan seseorang aman dalam melakukan pekerjaan seorang pakar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah sistem yang dapat mendiagnosa penyakit pada ular serta menerapkan metode Demptser Shafer untuk mendiagnosa penyakit pada ular. Hasil diagnosa penyakit yang dihasilkan oleh sistem pakar sama dengan hasil perhitungan secara manual dengan menggunakan teori Dempster-Shafer. Dari 10 sampel penyakit, didapatkan tingkat akurasi sebesar 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang telah dibangun dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit pada ular. Kata Kunci : Dempster Shafer, Ular, Sistem Pakar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Jun 2018 02:40
Last Modified: 28 Jun 2018 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item