ANALISIS KOMBINASI CAMPURAN BATAKO DENGAN SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Penelitian di UKM Industri Pasir-Semen Pak Danuri)

YULIANTO, YULIANTO (2018) ANALISIS KOMBINASI CAMPURAN BATAKO DENGAN SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Penelitian di UKM Industri Pasir-Semen Pak Danuri). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Batako merupakan salah satu produk dari indurstri pasir-semen Pak Danuri yang memiliki peranan penting dalam suatu pembuatan bangunan. Batako biasa digunakan untuk membuat tembok bangunan. batako yang ada saat ini terbuat dari campuran pasir dan semen sehingga batako menjadi lebih berat dari pada batu bata. Batako yang diharapkan adalah batako yang memiliki berat yang ringan tapi juga memiliki kekuatan yang cukup.Limbah sekam padi banyak yang masih belum dimanfaatkan dapat digunakan sebagai campuran batako. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kombinasi campuran batako dengan sekam padi terhadap kuat tekan menggunakan metode Taguchi. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan faktor dan level yang berpengaruh terhadap kuat tekan batako menggunakan metode taguchi kemudian optimasi level faktor berdasarkan dari ranking dalam tabel respon. Obyek pengamatan yang diteliti adalah campuran batako sekam padi. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jumlah semen sebanyak 0,5 kg, 1 kg, dan 1,5 kg, jumlah pasir sebanyak 5 kg, 6 kg, dan 7 kg, jumlah air sebanyak 600 ml, 700 ml, dan 800 ml, dan jumlah sekam padi sebanyak 150 gr, 300 gr dan 450 gr. Hasil penelitian setelah dilakukan pengolahan data dengan metode taguchi dan level faktor optimal dari tabel respon menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kuat tekan adalah faktor jumlah semen dan faktor jumlah sekam padi. Hasil pengolahan data diperoleh kombinasi level faktor yang optimal adalah faktor A level 3 yaitu jumlah semen sebanyak 1,5 kg, faktor B level 1 yaitu jumlah pasir sebanyak 5 kg, faktor C level 1 yaitu jumlah air sebanyak 600 ml, dan faktor D level 1 yaitu jumlah sekam padi sebanyak 150 gr. Kata kunci : Batako, Sekam Padi, Taguchi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:28
Last Modified: 12 Jul 2018 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item