KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT TERHADAP MATCH FACTOR BERBASIS WAKTU EDAR PADA PENUTUPAN BEKAS LUBANG BUKAAN TAMBANG EX PIT 3000 BLOCK 3 NORTH BLOCK PT.TRUBAINDO COAL MINING

SUTANTIO, EKO APRIA (2018) KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT TERHADAP MATCH FACTOR BERBASIS WAKTU EDAR PADA PENUTUPAN BEKAS LUBANG BUKAAN TAMBANG EX PIT 3000 BLOCK 3 NORTH BLOCK PT.TRUBAINDO COAL MINING. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. pengesahan.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. daftar isi.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kegiatan penambangan batubara di PT. TCM menggunakan sistem tambang terbuka (Open Pit) dengan metode (Strip mine). Area penambangan di PT. TCM dibagi menjadi dua lokasi, yaitu north block dan south block. Lokasi penelitian berada di north block, yaitu ex-pit 3000 block 3. Kegiatan penambangan akan menghasilkan lubang bekas bukaan tambang (Void) yang harus dilakukan penutupan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam kegiatan penutupan lubang bekas bukaan tambang, PT. TCM dilakukan di area ex-pit 3000 block 3 north block. menggunakan rangkaian kerja alat muat dan alat angkut untuk memindahkan material dari loading point ke area lubang bekas bukaan tambang. Kegiatan penutupan lubang bekas bukaan tambang tidak sesuai dengan rencana perusahaan. Sehingga dalam penelitian ini dikaji keserasian kerja alat mekanis yaitu alat muat dan alat angkut berdasarkan waktu edar alat kerja mekanis, faktor – faktor yang mempengaruhi produktifitas alat muat dan alat angkut, keserasian kerja alat makanis dengan memperbaiki waktu edar alat mekanis, untuk meningkatkan produksi alat muat dan alat angkut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kajian alat mekanis dalam rangka kegiatan penutupan void, adapun didapatkan sebagai berikut, Nilai keserasian alat kerja mekanis secara actual 0,63, sehingga masih bisa dilakukan peningkatan. Faktor – Fatktor yang mempenggaruhi kegiatan produksi penutupan void yaitu, Waktu kerja efektif aktual alat muat dan alat angkut , efisiensi kerja alat muat dan alat angkut, cycle time alat muat dan alat angkut, dan Geometri jalan. Peningkatan Faktor Keserasian Alat Muat dan Alat Angkut Setelah perbaikan sebesar 0,90, Terjadinya peningkatan match factor dikarenakan adanya perbaikan perbaikan di cycle time dumptruck dan penambahan jumlah curah. peningkatan produksi alat muat dan alat angkut produksi plan bulan januari 129.624 Bcm/bulan. Produksi perhitungan aktual bulan januari 90.375 Bcm/bulan. Produksi perbaikan bulan januari 135.421 Bcm/bulan. Sehingg target produksi kegiatan penutupan lubang bekas bukaan tambang telah mencapai target. .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:48
Last Modified: 07 Jun 2018 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item View Item