ANALISIS PENENTUAN KOMBINASI BAHAN PEMBUAT ROSTER DENGAN PEMANFAATAN SERBUK BATU ALAM MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus pada Home Indutri Pasir-Semen Dwi Agung)

SHOLIKHAN, MUHAMMAD (2014) ANALISIS PENENTUAN KOMBINASI BAHAN PEMBUAT ROSTER DENGAN PEMANFAATAN SERBUK BATU ALAM MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus pada Home Indutri Pasir-Semen Dwi Agung). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

DwiAgung merupaka nnama home industri yang berada didusun Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memproduksi pembuatan roster dari bahan pasir semen. Permasalahan yang terjadi didusun Kedaton banyak sekali limbah serbuk batu alam yang berasal dari sisa proses produksi yang hanya dibuang dan akan menggangu jika menumpuk diarea proses produksi, maka akan dimanfaatkan untuk kombinasi bahan pembuatan roster. Hal ini disebabkan karena limbah serbuk batu alam belum dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagaian kalangan. Permasalahan diatas perlu diatasi dengan diadakan suatu penelitian untuk mengidentifikasi penentuan kombinasi bahan pembuat roster dengan pemanfaatan serbuk batu alam sehingga dapat menghasilkan produk roster dengan kualitas yang lebih baik dengan melakukan desain eksprimen taguchi. Faktor kendali dan level yang digunakan adalah factor jumlah semen yaitu sebanyak 13kg, 17kg, 21kg, factor jumlah pasir 180kg, 225kg, 270kg, faktor jumlah air 10kg, 13kg, 16kg, factor jumlah serbuk batu alam 11kg, 14kg, 17kg. Analisis hasil eksperimen menunjukan bahwa rancangan parameter yang optimal dalam pembuatan roster menggunakan campuran serbuk batu alam, yaitu campuran baru dengan jumlah semen 21 kg, jumlah serbuk batu alam 14 kg, jumlah air 16 kg dan jumlah pasir 180 kg yang akan menghasilkan kuat tekan sebesar67,771 kgf 69,859 kgf. Kata kunci :kualitas roster, kuat tekan, metode Taguchi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 May 2018 04:46
Last Modified: 21 May 2018 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item View Item