EVALUASI PERANGKAP STRUKTUR BERDASARKAN ANALISIS SEKATAN SESAR DAN ATRIBUT SEISMIK SEBAGAI REFERENSI LOKASI PERENCANAAN SUMUR PADA LAPANGAN “HORE”, CEKUNGAN BARAT TELUK MEKSIKO

SURYA, ANDIKA LEONARDO (2018) EVALUASI PERANGKAP STRUKTUR BERDASARKAN ANALISIS SEKATAN SESAR DAN ATRIBUT SEISMIK SEBAGAI REFERENSI LOKASI PERENCANAAN SUMUR PADA LAPANGAN “HORE”, CEKUNGAN BARAT TELUK MEKSIKO. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (573kB) | Preview

Abstract

Studi dilakukan pada Lapangan “Hore”, di Goliad County, Teksas Selatan, Amerika Serikat. Lapangan ini berada pada Western Gulf of Mexico Basin. Secara umum diketahui bahwa lapangan-lapangan gas pada daerah studi merupakan lapangan yang 91% dipengaruhi oleh perangkap struktur dimana struktur yang ada pada lapangan ini didominasi oleh rezim tektonik berupa ekstensional. Migrasi dan pembentukan struktur berlangsung pada umur Paleozoic. Reservoir utama pada lapangan ini adalah reservoir batupasir sisipan Formasi Eagle Ford yang berumur Early Cretaceous. Zona target yang berhasil diidentifikasi dari sumuran berada pada kedalaman 9955 ft dengan tebal sekitar 70ft Dalam studi ini identifikasi patahan dilakukan dengan menggunakan atribut seismik Pseudo Relief. Struktur yang berkembang pada daerah penelitian didominasi oleh patahan turun yang berarah Barat Laut – Tenggara akibat adanya aktivitas dari Salt Dome Louann pada bagian Barat Daya yang menghasilkan beberapa zona patahan yang memiliki pola antitetik pada cekungan bagian Barat Teluk Meksiko. Dari hasil atribut, didapatkan 8 patahan pada zona target marker 9800FMT. Dari kontur kompartemen zona target, Patahan 5 dan Patahan 13 menjadi pembatas dari kompartemen. Hasil Analisa Sekatan Sesar didapatkan bahwa Patahan 5 lebih cenderung sealing dibandingkan Patahan 13 yang lebih banyak daerah yang beresiko untuk reaktivasi kembali. Dari poligon kontur kompartemen baru zona target yang sudah terkoreksi dari hasil-hasil analisa, maka penentuan perencanaan sumur berada pada bagian sayap antiklin (flank) pada kontur tersebut dengan lokasi (x ; y ; z) yaitu (17379,62 ; 8461,29 ; 9921,29) ft dimana terdapat kontak pada patahan antara footwall dengan hangingwall berupa batupasir dengan batulempung (sand to shale juxtaposed) yang secara litologi bisa menjadi perangkap struktur, dengan nilai Shale Gouge Ratio (SGR) sebesar 82,3%, dan nilai Slip Tendency sebesar 0,33. Kata kunci : Seismik Refleksi, Atribut Seismik, Analisa Sekatan Sesar, Rezim Tektonik Ekstensional, Analisa Stress, Shale-Gouge Ratio, Pseudo Relief.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Apr 2018 05:03
Last Modified: 17 Apr 2018 05:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item