PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN TEKNIK SHOJINKA BERBASIS SISTEM INFORMASI (Studi Kasus di Anggun Rotan)

Na’afi, Rizekika (2018) PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN TEKNIK SHOJINKA BERBASIS SISTEM INFORMASI (Studi Kasus di Anggun Rotan). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Anggun Rotan adalah salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Yogyakarta yang menggunakan sistem produksi Make To Order (MTO). Sistem produksi tersebut menuntut perencanaan produksi dilakukan apabila pesanan datang, terutama perencanaan kebutuhan tenaga kerja yang jumlah kebutuhannya dapat berubah-ubah (betambah atau berkurang). Jenis tenaga kerja yang dimiliki di Anggun Rotan adalah tenaga kerja harian dan tenaga kerja borongan yang tersebar dalam beberapa stasiun kerja di bagian produksi. Perencanaan kebutuhan tenaga kerja dilakukan Anggun Rotan secara manual untuk setiap produk yang dipesan sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah merencanakan kebutuhan tenaga kerja bagian produksi di Anggun Rotan berbasis sistem informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah teknik shojinka. Langkahlangkah perancangan sistem informasi yang dilakukan yaitu membuat aliran sistem informasi, membuat Data Flow Diagram (DFD), membuat Entity Relationship Diagram (ERD), membuat flowchart program, membuat relasi antar tabel, membuat desain database, membuat desain interface, pengembangan program, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Sistem informasi yang dibuat adalah sistem yang dapat digunakan untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja, sehingga dalam pengembangannya dimasukkan algoritma teknik shojinka dengan kendala on going schedule. Perencanaan kebutuhan tenaga kerja menggunakan teknik shojinka dan metode perusahaan didapatkan hasil yang berbeda, karena ada faktor kendala yang dimasukkan dalam algoritma teknik shojinka sedangkan metode perusahaan tidak ada faktor kendala. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa responden setuju dengan sistem informasi yang dibuat yang ditujukan dengan rata-rata skor 3,21 dan 3,37, sehingga sistem telah siap digunakan. Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kerja yang memanfaatkan sistem informasi didapatkan waktu perencanaan yang lebih cepat yaitu kurang lebih 8 menit untuk setiap pesanan. Kata kunci : Make To Order, Manpower, Teknik Shojinka, Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:39
Last Modified: 16 Apr 2018 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item