PENENTUAN KAPABILITAS PROSES PADA PRODUK TETES MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC (Studi Kasus Di PG Gondang Baru, Klaten)

Putra, Desmond Venska Ainda (2018) PENENTUAN KAPABILITAS PROSES PADA PRODUK TETES MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC (Studi Kasus Di PG Gondang Baru, Klaten). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

PG. Gondang Baru Klaten adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan tanaman semusim unit tebu yang bergerak sejak tahun 1860 Dalam pengoperasiannya PG Gondang Baru tidak lepas dari masalah pengendalian kualitas produk dan menjaga konsistensi dari kualitas produk mereka Dalam rangka menjaga konsistensi mutu suatu produk perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan performa dari perusahaan salah satunya dengan metode six sigma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perolehan level sigma dan kapabilitas proses yang dicapai dan mendapatkan rancangan konsep six sigma pada departemen pengolahan tetes. Penulis menggunakan tools dari six sigma dengan pendekatan metode DMAIC (Define-Measure-Analyze- Improve-Control). Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa PG Gondang Baru mencapai level sigma 3 dengan DPMO 70600 dan nilai kapabilitas proses sebesar 0,328. Terdapat 2 CTQ yaitu nilai HK lebih dari 32% disebabkan karena mesin kotor (RPN 448) dan nilai TSAI lebih dari 50% disebabkan karena kurangnya pengawasan pada operator mesin puteran (RPN 280). Setelah dilakukan implementasi perbaikan, level sigma perusahaan mencapai level sigma 3.4 dengan DPMO 27000 dan nilai kapabilitas proses sebesar 1,13. kata Kunci : tetes, kualitas, metode six sigma, DMAIC, kapabilitas proses, perbaikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Apr 2018 01:58
Last Modified: 16 Apr 2018 01:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item View Item