“ANALISIS POTENSI RISIKO DAN PENANGANANNYA PADA OPERASIONAL PENGECORAN LOGAM DENGAN METODE MAFMA (MULTI ATTRIBUTE FAILURE MODE)“.

Aditya, Muhammad Panji (2018) “ANALISIS POTENSI RISIKO DAN PENANGANANNYA PADA OPERASIONAL PENGECORAN LOGAM DENGAN METODE MAFMA (MULTI ATTRIBUTE FAILURE MODE)“. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

PT Aneka Adhilogam Karya adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengecoran logam yang dalam proses produksinya memiliki potensi risiko negatif. Potensi risiko ini bersifat menghambat kelancaran proses produksi. Upaya dalam mengurangi kerugian akibat risiko yang ditimbulkan yaitu dengan penanganan khusus dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko. Manajemen risiko adalah suatu cara untuk mengelola suatu risko negatif baik dari manusia, proses, mesin, produk, dan lingkungan, salah satu caranya yaitu menggunakan metode (Multi Attribut Failur Mode Analysis) MAFMA yang memasukan nilai perkiraan biaya (expect cost) dalam perhitungannya dan mampu menginformasikan risiko kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil pengumpulan data diolah untuk mendapatkan Risk Prority Number (RPN) dari Failure mode and Effect Analysis (FMEA) yang nantinya akan dintegrasikan dengan nilai expect cost yang berasal dari pengolahan Analitycal Hirarcy Proses (AHP). Nilai expect cost tersebut selanjutnya akan diolah untuk mendapatkan risiko kritis dengan menggunkan metode Multi Attribut Failur Mode Analysis (MAFMA). Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode tersebut terdapat 9 risiko kritis dari 28 jumlah keseluruhan risiko yang didapat dari hasil rata-rata RPN dari MAFMA. Risiko kritis yang didapatkan dari penelitian ini berkaitan dengan kerusakan mesin, kelalaian manusia, dan listrik padam. Penanganan dan pencegahan diprioritaskan bagi risiko kritis dan dilakukan sesuai dengan masing-masing risiko antara lain adalah perawatan mesin secara berkala, pelatihan operator, dan memberikan tenaga listrik cadangan berupa genset. Kata kunci: Manajemen Risiko, Logam , Risiko Kritis, Multi Attribut Failur Mode Analysis (MAFMA) ,excpect cost, (Failure mode and Effect Analysis) FMEA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:43
Last Modified: 09 Apr 2018 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item