PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK PEMBUATAN JADWAL PERKULIAHAN (Studi Kasus di Akademi Militer)

Sulistyowati, Sri (2018) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK PEMBUATAN JADWAL PERKULIAHAN (Studi Kasus di Akademi Militer). Masters thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penyusunan jadwal perkuliahan di Akademi Militer (Akmil) Magelang dilakukan menggunakan sistem blok. Dalam sebuah blok terdapat beberapa mata kuliah yang diajarkan selama seminggu. Staf Bagian Operasi dan Pengajaran (Bagopsjar) sebagai penyusun jadwal harus mengkoordinasikan departemendepartemen yang mengampu materi kuliah yang akan dioperasionalkan pada setiap minggu. Proses penyusunan jadwal masih dilakukan secara konvensional, sehingga dirasakan kurang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem informasi berbasis komputer untuk pembuatan jadwal perkuliahan dengan tujuan agar penjadwalan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Waterfall, yang meliputi tahapan communication, planning, modeling, construction dan deployment. Pada tahapan communication dilakukan proses pengumpulan data. Tahapan planning merupakan tahapan analisis sistem. Hasil dari analisis sistem digunakan untuk tahapan modeling, yang meliputi perancangan proses, perancangan database dan perancangan antarmuka sistem. Rancangan yang dihasilkan selanjutnya diimplentasikan pada tahapan construction. .Proses implementasi dilakukan dengan mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Foxpro 9.0 dengan DBMS MySQL 5.5.27. Kata Kunci: Penjadwalan kuliah, Waterfall, Visual Foxpro, MySQL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:10
Last Modified: 03 Apr 2018 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item