ANALISA PENGARUH RATE DEPENDENT SKIN DAN SKIN DAMAGE TERHADAP PRODUKTIFITAS SUMUR GAS BERDASARKAN HASIL PENGUJIAN PADA SUMUR ANS-01, PT. PERTAMINA EP SUMATERA SELATAN

AGUSTIN, ANNISA (2018) ANALISA PENGARUH RATE DEPENDENT SKIN DAN SKIN DAMAGE TERHADAP PRODUKTIFITAS SUMUR GAS BERDASARKAN HASIL PENGUJIAN PADA SUMUR ANS-01, PT. PERTAMINA EP SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER AJA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, TABEL,GAMBAR.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Lapangan A terdiri dari satu sumur exsplorasi yaitu Sumur ANS-01 yang merupakan bagian dari wilayah kerja PT. PERTAMINA EP yang berlokasi di Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera . Diawali dengan keberhasilan pemboran Sumur ANS-01sebagai sumur wildcat yang merupakan sumur vertikal yang ditajak pada tanggal 1 April 1994 dan diselesaikan sebagai sumur penemu gas pada tanggal 18 April 1994. Sumur ini diselesaikan pada kedalaman akhir 1623 mku menembus Formasi Muara Enim, Formasi Gumai, Formasi Baturaja, dan Formasi Talang Akar. Analisa uji sumur yang dilakukan berupa analisa pressure build-up dan deliverabilitas berdasarkan data hasil DST yang telah dilakukan di Sumur ANS-01 dengan menggunakan Simulator Ecrin 4.10. Berdasarkan hasil tes Sumur ANS-01 memiliki nilai skin total yang abnormal sebesar 313, dengan itu nilai skin tersebut ingin dipilah sehingga dapat diketahui faktor peyebab dari tinggi nya nilai skin. Untuk melakukan analisa penelitian ini di butuhkan data-data reservoir, uji sumur, data produksi, yang nantinya akan dianalisa menggunakan software Ecrin dengan metode modified isochronal test. Kemudian melakukan analisa deliverabilitas yang dapat mendeskripsikan potensial dari suatu sumur dan untuk menentukan nilai Absolute Open Flow Potential (AOFP). Sehingga akan diperoleh parameter C dan n dari hasil output Software IPM-Prosper 7.5. Kemudian dapat dilanjutkan dengan menganalisa produktivitas formasi dengan melakukan peramalan produksi sumur agar dapat diketahui berapa lama waktu sumur dapat mengalir. Analisa PBU yang dilakukan pada Lapangan “A” Sumur ANS-01 memberikan hasil nilai permeabilitas sebesar 508 md, skin damage sebesar 290, rate dependent skin sebesar 21.8. Dengan nilai AOFP menggunakan IPR C dan n pada Software IPM-Prosper sebesar 54 mmscfd. Sedangkan studi analisa yang dilakukan pada Lapangan ‘A’ terhadap peramalam produksi, skenario paling menguntungkan untuk dikembangkan adalah mengalirkan gas dengan plateau rate 5 MMSCFD selama 17 tahun dengan menggunakan ID tubing 2 7/8 inch.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:34
Last Modified: 26 Mar 2018 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item