REVIEW PEKERJAAN STIMULASI SOLVENT DAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE FUZZY LOGIC TOOL UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMILIHAN KANDIDAT DI LAPANGAN LENTIMAS PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA

KASYIFI, ANUGRAH FADHLAN (2018) REVIEW PEKERJAAN STIMULASI SOLVENT DAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE FUZZY LOGIC TOOL UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMILIHAN KANDIDAT DI LAPANGAN LENTIMAS PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN & KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lapangan minyak Lentimas terletak di Pulau Sumatra tepatnya di Provinsi Riau, Indonesia dan memiliki karakteristik minyak yang di produksikan yaitu minyak berat (heavy oil). Salah satu pekerjaan stimulasi yang banyak dilakukan pada sumur-sumur heavy oil di lapangan Lentimas adalah stimulasi solvent dengan tujuan untuk membersihkan endapan-endapan organik di dalam sumur yang dapat menghambat produksi. Namun, buruknya performa pekerjaan solvent selama 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2014 - 2016 disertai dengan menurunnya jumlah pekerjaan solvent secara signifikan menunjukkan perlu dilakukannya review kinerja dan peningkatan dalam proses pemilihan kandidatnya. Review dilakukan dengan melakukan kilas balik terhadap pekerjaan solvent yang sudah dilaksanakan dalam 3 tahun terakhir di Lapangan Lentimas (733 job) dengan menentukan rata-rata perolehan oil gain per job nya dan success ratio pekerjaan solvent tersebut dan selanjutnya mencari korelasi parameter-parameter yang berpengaruh terhadap kesuksesan pekerjaan solvent tersebut melalui analisa cross plot dan box plot parameter. Parameter yang dianalisa diantaranya oil decline rate, fluid decline rate, water cut, wellhead temperature, pump fillage, colloidal instability index (CII) dan % asphaltene. Hasil analisa pengaruh parameter selanjutnya dijadikan acuan untuk mengembangkan program “Artificial Intelligence” konsep Fuzzy Logic yang dapat membantu dalam mencari dan memprioritaskan kandidat pekerjaan solvent dengan lebih mudah dan tepat sasaran yang berikutnya dapat meningkatkan rata-rata perolehan oil gain setiap pekerjaan solvent di Lapangan Lentimas dan success ratio nya. Program fuzzy logic yang telah dikembangkan selanjutnya di lakukan ujicoba penerapan untuk mencari kandidat sumur pekerjaan solvent yang baru pada Lapangan Lentimas. Hasil review kinerja pekerjaan solvent di Lapangan Lentimas tahun 2014- 2016 menunjukkan rendahnya success ratio pekerjaan yaitu 46,7% dan oil gain rata-rata sebesar 2,03 bopd dari total 733 job yang dianalisa. Hasil analisa parameter menunjukkan parameter oil decline rate, fluid decline rate, % asphaltene dan water cut memiliki korelasi yang baik terhadap keberhasilan pekerjaan solvent. Program fuzzy logic yang telah dikembangkan mampu meningkatkan success ratio menjadi 69% dan perolehan oil gain sebesar 7,75 bopd. Ujicoba penerapan software fuzzy logic pada 10 sumur Lapangan Lentimas berhasil memberikan 5 prioritas kandidat pekerjaan solvent yang baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:50
Last Modified: 15 Mar 2018 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item