KUALITAS KOMPOS LIMBAH JERAMI DENGAN PENAMBAHAN PUPUK KANDANG AYAM DAN GAMAL (Gliricidia sepium) YANG DIPERKAYA BAHAN AGROMINERAL SERTA ORGANISME PELARUT P DAN K

Mariono, Iis (2018) KUALITAS KOMPOS LIMBAH JERAMI DENGAN PENAMBAHAN PUPUK KANDANG AYAM DAN GAMAL (Gliricidia sepium) YANG DIPERKAYA BAHAN AGROMINERAL SERTA ORGANISME PELARUT P DAN K. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan limbah jerami yang melimpah yaitu dengan cara menjadikannya sebagai kompos. Permasalahan dalam pengomposan jerami padi umumnya memiliki rasio C/N yang tinggi sehingga sulit dirombak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pupuk kandang ayam dan gamal (Gliricidia sepium) terhadap kualitas kompos jerami yang diperkaya bahan agromineral serta organisme pelarut P dan K. Penelitian dilaksanakan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) berpola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama dosis pupuk kandang ayam yaitu 0% (P0), 5% (P1), 10% (P2), 15% (P3). Faktor kedua dosis gamal yaitu 0% (G0), 10% (G1). Diperoleh 8 kombinasi perlakuan diulangan 3 kali sehingga diperoleh 24 pot percobaan. Parameter yang digunakan sebelum perlakuan meliputi N-Total, P-Total, K-Total, C-Organik, Rasio C/N, dan parameter setelah perlakuan meliputi N-Total, P-Tersedia, K-Tersedia, C-Organik, Rasio C/N, pH kompos. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pupuk kandang ayam berpengaruh nyata terhadap C-Organik, namun tidak berpengaruh nyata terhadap rasio C/N, P-tersedia, K-tersedia, sementara perlakuan gamal (Gliricidia sepium) berpengaruh nyata terhadap C-organik, rasio C/N, namun tidak berpengaruh nyata terhadap P-tersedia dan K-tersedia. Kombinasi perlakuan terbaik adalah perlakuan pupuk kandang ayam 10% dan gamal (Gliricidia sepium) 10% (P2G1) yang menunjukkan interaksi pada peningkatan N-total dan pH. Kata Kunci : Kompos Jerami, Pupuk Kandang Ayam, Gamal (Gliricidia sepium)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:03
Last Modified: 05 Mar 2018 07:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

View Item View Item