SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PENGISIAN BORANG AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL (AMAI: PARAMETER 5-7) (Studi Kasus Teknik Informatika UPN “V” Yogyakarta

Dewi, Atika Puspita (2018) SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PENGISIAN BORANG AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL (AMAI: PARAMETER 5-7) (Studi Kasus Teknik Informatika UPN “V” Yogyakarta. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi atika.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan pembimbing.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan penguji.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas UPN “Veteran” Yogyakarta menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA) untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap program studi. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan SPMA tersebut meliputi pemantauan, evaluasi dan audit. Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) menjadi suatu kegiatan pemeriksaan yang sistematis dan independen untuk menentukan kepatuhan dalam menjalankan peraturan yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan akademik yang ada di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta. Mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar-standar yang sesuai dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Fakta di lapangan pada saat pelaksanaan Amai timlak harus melakukan pengisian borang dan melampirkan bukti-bukti sebagai penunjang pada laporan borang amai yang disusun program studi dan lampiran bukti-bukti yang tercetak yang akan di validasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke setiap prodi. Sehingga, asesor dapat melakukan penilaian setelah borang prodi diterima oleh asesor dan memberikan Permintaan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan (PTPP) kepada prodi untuk melakukan perbaikan berdasarkan temuan ynag didapatkan dari nilai harkat yang belum memenuhi standar BANPT. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi pengisian borang Audit Mutu Akademik Internal yang mampu memproses borang yang di isikan pihak internal prodi untuk di evaluasi secara otomatis oleh asesor melalui sistem tersebut sehigga mampu membantu kinerja timlak dan asesor agar lebih efisien. Hasil keluaran dari penelitian ini timlak dapat menginputkan borang amai beserta bukti-bukti yang dibutuhkan dalam borang Amai, timlak juga dapat mengunggah file dalam input borang dengan catatan file format excel dan menyesuaikan tabel borang. Penginputan borang dengan menggunakan plugin Php Grid (untuk borang dengan menggunakan table) dan Tinymice (untuk borang menggunakan uraian) asesor dapat melakukan penilaian desk evaluation dengan melihat bukti borang timlak. Harkat akan otomatis keluar pada saat penginputan nilai desk evaluation untuk standar yang memiliki rumus. Asesor juga dimudahkan dengan, sistem akan otomatis mengeluarkan form untuk input ptpp jika nilai harkat <3. Nilai harkat akhir yang di dapat akan menghasilkan nilai skoring dari keseluruhan parameter dan akan membentuk sebuah grafik radar dan grafik batang keseluruhan nilai dari prodi. 3.Untuk Pimpinan dapat melihat daftar ptpp, daftar desk evaluasi, grafik radar dan grafik batang keseluruhan prodi yang sudah diinputkan. Untuk Badan Penjaminan Mutu (BPM) dapat melihat daftar scoring, daftar ptpp, dan grafik radar. Kata kunci: Audit Mutu, Sistem Informasi, standar BAN-PT, Grafik Radar, Grafik Batang, Php grid, Tinymice, PTPP, Desk Evaluation, Harkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Mar 2018 04:02
Last Modified: 01 Mar 2018 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item View Item